Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

06 February 2007

Kiat Praktis Menghemat "Hard Disk"

Seiring dengan bertambahnya data dan aplikasi yang disimpan, lambat laun "ruang kosong" dalam hard disk tentu akan berkurang. Dan kalau ruang tersebut makin sempit, penggunaan komputer akan dihadapkan pada beberapa pilihan: menambah/mengganti hard disk dengan kapasitas yang lebih besar, memback-up data pada CD/media penyimpan yang lain, atau menghapus beberapa data atau aplikasi yang sudah ada.

Namun disamping cara-cara tersebut diatas, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian ruang hard disk. Yang pertama adalah dengan mengggunakan fasilitas kompresi yang kini menjadi fasilitas standar dalam sebuah komputer. Dengan cara ini ukuran file bisa dipadatkan dan tentu menghemat hard disk. Fasilitas ini bisa didapat dengan mudah lewat internet atau dalam CD perangkat lunak.

Langkah berikutnya adalah dengan menghapus semua file yang ada dalam recycle bin. Beberapa pengguna Komputer tidak menyadari bahwa data-data yang sudah dihapus dan masuk ke dalam recycle bin masih memiliki ukuran data yang memakan hard disk. Oleh karenanya kalau yakin data dalam recycle bin sudah tidak digunakan lagi, lebih baik dihapus. Kemudian akan lebih baik kalau alokasi untuk tempat sampah ini diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian seringkali komputer membuat file-file baru, misalnya file yang dibuat untuk mengcover ketika komputer hang, crash, atau sekedar memback up saat pengguna membuka sebuah data misalnya dengan extensi*.tmp. File-file yang sudah tidak diperlukan ini lebih baik dihapus. Dalam sistem operasi Windows, langkah ini bisa dilakukan dengan fasilitas Scandisk.

Melakukan defragment secara teratur -paling tidak sebulan atau dua bulan sekali- menjadi langkah yang dapat dilakukan agar file-file dalam komputer tertata dengan rapi. Ini memang tidak akan menambah ruang kosong hard disk, namun selain lebih efisien cara ini akan mempercepat akses data. Selamat mencoba.

Source : Kompas

Artikel Terkait

2 comments

6 February 2007 at 17:10  

iya ya! dah lama gakdefrag!!
tengkyu dah diingetin!

6 October 2009 at 13:06  

Jadi ingat dimasa lalu harddisk cuma 5Giga udah besar sekali, skr 160Giga kok ya masih saja kurang..

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP