Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

08 February 2007

Mataku Sayang, Mataku Sehat

MATA merupakan organ tubuh yang penting, namun sepertinya hanya sedikit saja orang yang merawat dan menjaga kesehatannya, bahkan tanpa sadar kita sering "merusak" mata sendiri. Sebenarnya mata kita mampu melindungi dirinya. Mata yang normal secara otomatis mampu melakukan pelumasan dengan air mata.

Saat kita kelilipan debu, otomatis mata akan berair, ini adalah mekanisme mata untuk membersihkan benda asing yang masuk.
Sayangnya, di zaman modern ini banyak orang mengalami gangguan pada kelenjar air mata akibat "pencemaran" yang dilakukannya sendiri. Bentuknya antara lain seringnya mengkonsumsi obat-obatan, pemakaian kosmetika (khususnya untuk mata), hairspray, cat rambut, yang tanpa sadar mengganggu kelenjar air mata.

Diperburuk dengan kebiasaan buruk seperti mengucek mata dan merokok.
Kiat Menjaga Indera Penglihatan: - Kurangi waktu di depan televisi, video games atau komputer. Sinar ultraviolet yang terpancar dari benda-benda tersebut bisa merusak mata.

Jika terlalu sering, bukan hanya ketajaman mata yang berkurang, tetapi juga retina mata bisa rusak.
- Istirahatkan mata selama beberapa menit setelah bekerja satu-dua jam di depan komputer. Mata yang terpapar sinar ultraviolet dari komputer atau TV dalam waktu lama kemampuan penglihatan dekatnya akan berkurang. -

Ciptakan lingkungan yang nyaman bagi mata, misalnya cukup penerangan saat membaca, membaca buku dengan posisi duduk, menonton TV dalam jarak tertentu serta cukup beristirahat.
- Kembalikan kesegaran mata dengan cara melihat titik terjauh atau melihat kehijauan. Warna hijau akan terasa lembut di mata. -

Beberapa jenis obat-obatan memiliki pengaruh buruk pada mata, misalnya konsumsi obat maag dalam waktu lama bisa menyebabkan kekeringan kelenjar mata.
Sementara itu, penggunaan jangka panjang obat golongan steroid bisa menyebabkan glaukoma atau katarak. - Tinggal di negara tropis yang kaya sinar matahari seperti Indonesia memiliki dampak buruk bagi mata, yaitu mata menjadi silau dan gangguan retina.

Untuk mengatasinya, gunakan kacamata hitam saat akan beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. - Konsumsi makanan yang mengandung vitamin yang penting untuk mata, seperti vitamin A, C dan E. Vitamin A bisa kita peroleh dari wortel, ubi, hati, atau minyak ikan.

Vitamin C bisa didapat dari sayuran hijau, jeruk, anggur, dan sebagainya.
Sedangkan vitamin E bisa ditemukan pada kacang-kacangan, gandum, dan lain-lain.

Source :
Tribun Kaltim

Artikel Terkait

2 comments

8 February 2007 at 15:57  

mo jadi dokter to pak?

10 February 2007 at 00:24  

Assalamu alaikum..
Iya tul mata.. oh nikmat sekali yah di karuniai mata yg sehat..

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP