Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

13 July 2013

Amalan-Amalan Utama Bulan Ramadhan


Alhamdulillah, Ramadhan telah datang, mari kita sibukkan hari-hari kita dengan meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah. Ada banyak cara untuk melakukan amalan-amalan di bulan suci ini.

Berpuasa sejatinya bukan saja menahan rasa lapar dan haus saja, akan tetapi lebih dari itu. Sebagian dari kita mungkin menghabiskan waktunya untuk tidak banyak melakukan aktifitas atau bahkan tidur seharian hingga waktu berbuka. Namun, tahukah anda bahwa terdapat banyak amalan-amalan utama yang bisa kita lakukkan di bulan yang suci ini.

Berikut adalah beberapa amalan-amalan yang utama yang perlu kita amalkan dalam mengisi bulan Ramadhan ini. Read on!



Inilah beberapa amalan-amalan utama yang dilakukan dalam mengisi bulan Ramadhan via islambalikpapan.

1. Membaca Al-Qur`an.

Al-Qur`an diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan. Tidak heran, jika Nabi lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur`an dibandingkan di bulan-bulan yang lain. Diantara keutamaan membaca al-Qur`an, sabda Rasul SAW:
“Barangsiapa membaca satu huruf dari al-Qur`an baginya satu pahala dan kebaikan itu digandakan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak bermaksud mengatakan ‘Alif Laam Miim” satu huruf. Tapi, alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf berikutnya." (HR. Turmudzi)

2. Memperbanyak Sedekah

Islam adalah agama yang mengajak dan menganjurkan orang untuk suka memberi, berbuat kebaikan dan mengamalkan kebajikan. Bulan ramadan bukan saja sebagai bulan ibadah individual tapi juga bulan yang berdimensi sosial. Rasulullah jika telah masuk bulan Ramadan kedermawanannya semakin luar biasa. Sahabat menggambarkan keringanan tangan nabi melebihi kecepatan hembusan angin.

3. Memberi Makanan Berbuka pada Orang yang Berpuasa

Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa memberikan makanan berbuka kepada orang berpuasa maka baginya pahala serupa yang diberikan kepada orang yang berpuasa. Hanya saja pahala orang yang berpuasa tidak terkurangai sedikit pun.” (HR. Turmudzi)

4. Melaksanakan Qiyamul Lail

Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa melaksanakan qiyamul lail (salat tarawih) karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lewat diampuni.” (HR. Bukhari-Muslim).

5. Melaksanakan Ibadah Umrah

Rasulullah SAW bersabda:
“Menunaikan ibadah umar di bulan Ramadan (pahalanya) menyamai haji. Atau dikatakan, “Haji bersamaku.” (HR Bukhari-Muslim)

6. Mencari Lailatul Qadar

Malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir adalah saat-saat malam di mana kita menunggu kedatangan lailatul qadar, maka kita buru salah satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul qadar. Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa mengerjakan qiyamul lail pada Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu…” (HR. Bukhari)

Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang 'gagal' dalam melaksanakan puasa Ramadhan, seperti dalam hadis dari Abu Hurairah radliallahu'anhu, bahwa Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda yang artinya "Betapa banyak orang yang berpuasa, sementara yang dia dapatkan dari puasanya hanyalah rasa haus dan dahaga..." (HR.Ahmad, Ibn Khuzaimah, dan dishahihkan al-Bani).

Wallahu'alam bishawab

Artikel Terkait

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP