Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

16 February 2011

SalingSapa.com - Jejaring Sosial Buatan Anak Indonesia (Benarkah?)

Dengan semakin berkembangnya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, tidak menyurutkan anak Indonesia untuk berprestasi dibidang IT, khususnya didunia Internet. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu anak Indonesia telah mengembangkan (bukan menciptakan) atau mungkin mengimplementasikan sebuah jejaring sosial mirip Facebook yang diberi nama SalingSapa.com

Adalah Muhammad Yahya Harlan siswa SMP Sekolah Alam Bandung berusia 13 tahun telah mengembangkan situs jejaring sosial Salingsapa.com. Jejaring sosial ini dibuat sebagai sarana silaturahmi, jadi situs ini bisa dibilang lebih islami. Seperti halnya Facebook, situs ini memiliki fitur-fitur yang mirip, akan tetapi situs ini memiliki menu seperti Al-Quran dan Radio SalingSapa sehingga kita bisa mendengarkan murotal Al-Quran langsung melalui situs ini.

Situs salingsapa.com yang dirilis pada 1 Muharram 1423 H atau 7 Desember 2010 ini sudah diakses lebih dari 47 negara, seperti Amerika Serikat, Belanda, Norwegia dan Malaysia. Situs ini juga telah memiliki pengguna mencapai 5500 (tvOne). Silahkan lihat videonya disini.

Pembuat situs www.salingsapa.com Muhammad Yahya Harlan Melakukan Pembohongan publik?



Ada artikel menarik menganai jajaring sosial baru salingsapa.com ini. Dengan begitu gencarnya pemberitaan di televisi dan berita di Internet, seorang penulis blog bernama Hilman memberikan taggapan mengenai situs jejaring sosial ini. Dalam postingannya, ia menulis bahwa situs jejaring sosial ini bukan hasil karya Muhammad Yahya Harlan, akan tetapi hanya program CMS opensource yang telah diedit. Situs Salingsapa.com ini memakai program Jcow (program pembuat situs jejaring sosial) dan Muhammad Yahya hanya melakukan konstomisasi saja (dengan menghilangkan kredit pada Jcow).

Sebelum situs salingsapa.com ini ada, sebenarnya telah ada situs jejaring sosial yang menggunakan program Jcow ini, yaitu http://sn.cybermoslem.net yang juga bernuansa islami yang dibuat oleh Dolla Indra. Dalam situs sn.cybermoslem.net ini juga terdapat menu Al-Quran seperti halnya situs salingsapa.com. Tetapi disitus ini (cybermoslem) tetap mencantumkan credit program Jcow pada situsnya.

Terlepas apakah M. Yahya Harlan hanya mengedit program atau "murni" buatannya sediri, kita ambil sisi positifnya saja. Dimana di usianya yang masih remaja ia sudah bisa mengedit-edit program, remaja yang lain yang seusianya mungkin masih asik ber-facebook-an dan bermain game online. Maju terus perkembangan IT Indonesia, tetapi tetap memegang keJUJURan.

Artikel lengkap bisa anda baca disini.

Artikel Terkait

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP