Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

26 March 2009

EARTH HOUR - Padamkan Lampu Anda Satu Jam Untuk Bumi

Earth Hour adalah sebuah acara internasional tahunan yang diadakan oleh WWF (World Wide Fond for Nature/World wildlife Fund), diselenggarakan setiap Sabtu terakhir bulan Maret, yang meminta rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu yang tidak diperlukan dan peralatan listrik selama satu jam untuk memunculkan kesadaran atas butuhnya tindakan menghadapi perubahan iklim. Dirintis oleh WWF Australia dan Sydney Morning Herald tahun 2007, dan memperoleh partisipasi dunia tahun 2008.

Earth Hour berikutnya akan dilakukan pada hari Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 8:30 malam, waktu lokal.

Dengan 35 kota di seluruh dunia berpartisipasi sebagai kota peserta resmi dan lebih dari 400 kota yang juga mendukung, Earth Hour 2008 adalah kesuksesan besar, dirayakan di ketujuh benua. Markah tanah terkenal di seluruh dunia memadamkan lampu mereka untuk Earth Hour yang juga termasuk Empire State Building (New York City), Sears Tower (Chicago), Golden Gate Bridge (San Francisco), Bank of America Plaza (Atlanta), Sydney Opera House (Sydney, Australia), Wat Arun Buddhist Temple (Bangkok, Thailand), Colosseum (Rome, Italia), Royal Castle (Stockholm, Swedia), London's City Hall (Inggris, Britania Raya), Space Needle (Seattle), dan CN Tower (Toronto, Kanada).

Situs web resmi untuk acara ini, earthhour.org, menerima sekitar 6.7 juta pengunjung unik dalam minggu-minggu menjelang Earth Hour. Situs web lain juga mengambil bagian dalam acara ini, dengan halaman utama Google menjadi "gelap" pada hari ketika Earth Hour dilakukan.

Menurut survei online Zogby International, 36 juta orang berpartisipasi dalam Earth Hour 2008, dengan perkiraan 50 juta orang melakukan hal yang sama di seluruh dunia. Survei ini juga memperlihatkan peningkatan 4 persen dalam kesadaran terhadap masalah lingkungan seperti perubahan iklim, langsung setelah acara ini.

Acara ini diartikan sebagai tokenisme, dan difokuskan pada pengurangan emisi karbon, sementara pengurangan konsumsi listrik terjadi secara keseluruhan, dan peliputan yang diragukan oleh konglomerat media yang mensponsorinya. Perlu diketahui bahwa Earth Hour sangat mirip dengan Earth Day Energy Fast, yang sejak 1991 hingga 2007 merencanakan tidak menggunakan energi buatan setiap Earth Day. Earth Day Energy Fast ditutup tahun 2008 sejak pendiri kampanye menyatakan "sudah terlambat" agar kampanye ini memperoleh dampak yang berarti.

Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Perubahan Iklim di Bali menjadikannya jelas bahwa penandatangan Protokol Kyoto menyetujui bahwa pengurangan emisi gas rumah kaca mulai 25 hingga 40% dapat dilakukan pada 2020 untuk mengurangi dampak pemanasan global yang mengakibatkan peningkatan permukaan laut dan masalah lainnya. Dalam konteks tersebut Earth Hour berada di tokenisme terburuk atau pada titik terbaiknya menyadarkan kembali orang-orang untuk maju ke tahap berikutnya seperti beralih ke tenaga hijau dari sumber seperti tenaga angin, tenaga surya, atau tenaga nuklir, dan tidak menggunakan listrik yang diproduksi melalui pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, gas alam dan minyak bumi.

Earth Hour 2009 diadakan pukul 8:30-9:30 malam tanggal 28 Maret 2009. Saat ini, 82 negara dan 2100 kota 'bergabung dengan Earth Hour 2009', sebuah peningkatan drastis dari orang-orang yang berpartisipasi di 35 negara untuk Earth Hour 2008.1 milyar 'suara' adalah tujuan utama untuk Earth Hour 2009, dalam konteks menjelang Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2009.

Anda cukup menonaktifkan lampu selama satu jam, dan bergabung dengan dunia untuk Jam Bumi.

Sabtu, 28 Maret, 8:30-9:30.

Sumber : earthhour.org dan wikipedia.org


Artikel Terkait

2 comments

26 March 2009 at 23:43  

Sebenarnya kalu dipikir-pikir, apalah artinya satu jam itu, ya pak. Jika kemudian beribu pabrik dan berjuta kendaraan bermesin tetap memproduksi karbon...
Tapi dunia kita, memang tengah membutuhkan "simbol" kepedulian. Terkadang jauh lebih efektif, untuk memulai 'gerakan'

Masukkan saya dalam daftar pendukung anda.

SALAM HIJAU

27 March 2009 at 00:18  

cuma 1 jam saja bro... ngikut deh... btw ronda malam juga harus ditingkatkan.. siapa tau ada yang ambil kesempatan dalam kegelapan.. hehehehe... salam kenal bro

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP