Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

28 September 2011

Read-Able.com - Mengukur Tingkat Kemudahan Artikel Untuk Dipahami Pembaca


Menulis artikel atau konten di blog atau website gampang-gampang susah. Tulisan yang kita posting ke blog atau website kita harus mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Ketika suatu artikel atau konten mudah untuk dibaca maka audience akan dengan mudah mencerna informasi yang Ia baca. Dari beberapa informasi dan literatur menyebutkan bahwa, pengunjug blog atau web memiliki rentang perhatian yang sangat pendek terhadap suatu artikel, tidak membaca artikel secara menyeluruh dan keseluruhan atau poin-poin penting saja.

Sebuah studi yang menyelidiki perubahan dalam perilaku kebiasaan membaca yang dilakukan pengguna web di era digital menyimpulkan bahwa, pengguna web cenderung membaca cepat (skimming) untuk menemukan informasi yang diinginkannya, dengan cara mencari kata kunci dan membaca non-linear (bukan dari atas ke bawah).

Setelah sekian lama menulis di blog, saya ingin tahu sampai dimana tingkat kemudahan konten blog ini dibaca dan dipahami oleh pembaca. The Readability Test Tool, adalah Perangkat Uji Readability yang cukup fleksibel untuk menilai formula keterbacaan konten web. Cukup ketikkan alamat URL blog atau website anda pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol 'Calculate Readability', maka sistem secara otomatis akan menampilkan hasil perhitungannya.

Mengukur Readability



Dari hasil uji coba, secara keseluruhan blog ini memiliki grade level 9. Ini berarti artikel dalam blog ini mudah dipahami oleh orang berusia 14 sampai 15 tahun. Jadi artinya, artikel dalam blog ini mudah dipahami oleh anak remaja usia 14-15 tahun. Dengan kata lain, blog ini masih bisa dipahami dengan baik oleh anak remaja, selain tentu saja orang dewasa lebih memahami konten artikel blog ini.


Screenshot Readability Azwar weBlog

Bila anda tertarik untuk mengukur kemudahan konten blog anda apakah mudah dipahami oleh pembaca atau tidak, anda bisa langsung menuju ke situs The Readability Test Tool untuk mengetahuinya. Apakah blog anda mudah dipahami oleh anak-anak? atau hanya orang dewasa saja yang memahami konten blog anda? coba sekarang untuk mengetahuinya. Don't forget for leave your comment. Enjoy!

Artikel Terkait

1 comment

5 October 2011 at 01:49  

mas boleh di coba buat blog saya http://contoh-kti.info mantap kaya nya

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP