Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

20 December 2006

‘Software’ Translator ke-200 Bahasa Daerah Diluncurkan



Produsen software translator, PT Intralink Sinergi, meluncurkan software translator yang mampu menerjemahkan bahasa Indonesia ke-200 bahasa daerah di Tanah Air dan 14 bahasa asing.

Ke-14 bahasa asing yang dapat ditranslatorkan dari bahasa Indonesia antara lain, Inggris, Prancis, Jerman, Mandarin, Korea, Jepang, dan India.

Direktur Utama PT Intralink Sinergi, Mohammad Teguh Setiabasa, di Bandung, mengatakan, kehadiran software tersebut akan mempermudah masyarakat dalam menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa asing dan bahasa daerah.



"Sedangkan aplikasinya sendiri cukup mudah dan tingkat keakuratan grammar-nya" pun mencapai angka 80 persen," katanya seraya menyebutkan software itu juga dilengkapi dengan suara.

Aplikasinya, kata dia, tergolong mudah karena pengguna tinggal mengetikkan kalimat maka akan langsung keluar bahasa yang diinginkan, atau dapat juga menerjemahkan dalam satu kesatuan tulisan yang sebelumnya harus discan terlebih dahulu.

"Penerjemah tersebut berupa software translator yang diaplikasikan dalam Microsoft Word Document Translition," katanya.

Ia menyebutkan program software ini sendiri sudah dipergunakan di sejumlah instansi pemerintah dan militer, selain untuk memahirkan dalam penggunaan bahasa Inggris di kalangan instansi tersebut.

"Kami sengaja tidak akan memasarkan program software translator secara terbuka, karena kita khawatir akan adanya pembajakan," ujarnya.

Ke depannya nanti, kata dia, jumlah bahasa asing dan bahasa daerah akan ditambah lagi hingga masyarakat benar-benar terlayani dengan baik dalam bidang penerjemahan.

"Produk software ini merupakan satu-satunya di Indonesia, dan yang lebih membanggakan lagi produk ini merupakan hasil karya anak bangsa," katanya.

Rencananya pada 2007, Intralink akan menyosialisasikan software itu, ke seluruh negara di kawasan Asia hingga produk itu benar-benar dapat digunakan oleh masyarakat banyak.

"Kami juga dalam road show keliling Asia tidak lain untuk memperkenalkan kekayaan bahasa di Indonesia dan sambil mencari informasi tentang perkembangan bahasa di negara lain," katanya.

Sementara itu, pengamat multimedia Roy Suryo, menyambut gembira atas kehadiran program software itu, karena secara tidak langsung akan mempererat tali perasatuan NKRI.

"Nantinya masyarakat yang tidak bisa bahasa Makassar maka tinggal menggunakan program itu untuk berkomunikasi dengan masyarakat di Makassar," katanya.

Sumber : Media Indonesia/Sains Teknologi

Artikel Terkait

1 comment

21 December 2006 at 12:47  

salam kenal mas azwar...
tunggu..tunggu....artikelnya bagus,sip!!
kesalahnnya satu,bukan anda tentunya,tapi itu lho om roy!!
sok menyambut baik >:(
pakar pornomatika sok angkat bicara!!

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP