Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

21 July 2011

Fitur Dan Perbedaan Google+ Dengan Jejaring Sosial Lainnya

Mungkin anda pernah bertanya, "Apa sih perbedaan Google+ dengan media sosial yang lain?".

Saat ini memang kita sudah terlalu banyak ditawarkan media sosial atau jejaring sosial, mengapa kita masih membutuhkan yang baru lagi?. Tetapi mungkin anda perlu menyimak media sosial baru dari Google ini. Perlu diketahui bahwa Google+ tidak hanya sebagi platform media sosial. Bahkan, Google pernah menggunakan kata "media sosial" ketika menjelaskan Google+.

Sebaliknya, Google menjelaskan Google+ sebagai platform untuk "berbagi" (Sharing). Meskipun ada aspek sosial dari Google Plus, tujuan keseluruhan tidak hanya untuk berkomunikasi dengan teman dekat dan keluarga. Sebaliknya, untuk memfasilitasi proses berbagi informasi.

Berikut beberapa fitur-fitur Google+ yang berbeda dari jejaring sosial pada umumnya. Read on!



Layanan Google+ Menawarkan semua dalam satu tempat

Google + diintegrasikan dengan Gmail, Google Docs, Picasa, YouTube dan bahkan Google Search. Jika Anda menggunakan Gmail, Google Docs dan Google +, Anda hanya akan perlu satu username dan password untuk sebagian besar layanan online Anda. Penambahkan + dalam layanan Google mungkin salah satu alasan untuk memudahkan akses online kita.

Google + menawarkan banyak kontrol

Anda memiliki kontrol lebih di Google+ daripada di platform sosial lainnya. Pada Facebook, hubungan pertemanan yang terjalin adalah hubungan dua arah atau tidak ada hubungan pertemanan sama sekali. Artinya adalah bahwa, jika seseorang meminta (meng-add) kita menjadi temannya, dan kita menerimanya, maka secara otomatis Ia pun (yang meminta menjadi teman) akan ditambahkan ke daftar teman kita juga.

Dalam Google+, seseorang dapat menambahkan kita ke Circle (seperti Friend list di Facebook), tetapi kita tidak diharuskan untuk menambahkan mereka ke salah satu Circle (daftar teman) kita. Jika Anda tidak menambahkannya ke Circle anda, mereka hanya akan melihat posting Anda yang Anda buat sebagai publik. Singkatnya, Google + memungkinkan untuk pertemanan hubungan satu arah, dua arah atau kedua cara tersebut juga bisa.

Google+ memiliki layanan seperti Twitter, tetapi lebih unggul

Google Plus update feed mirip dengan Twitter. Kecuali layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirim gambar, video dan full links. Dan yang terpenting, tidak ada batasan karakter ketika mengetik stream update di Google+. Satu-satunya hal yang tidak ada pada Google+ yang Twitter tawarkan adalah kemampuan untuk menggunakan #hashtags untuk "tweet" pada subjek tertentu. Mungkin dalam waktu dekat Google+ akan menambahkan fitur tersebut.

Google+ memiliki pengaruh pada mesin pencari

Sudah terbukti bahwa tweets dari Twitter mempengaruhi hasil pencarian Google, yang berarti bahwa aktivitas di Google+ pasti akan lebih mempengaruhi peringkat pada Google Search. Dengan menggunakan Google+ Anda akan memiliki hasil pencarian sepenuhnya yang disesuaikan untuk Anda.

Google+ menawarkan Group Video Chat

Dalam Google+, Anda dapat memiliki video chat (disebut "Hangout") sampai dengan 10 orang sekaligus. Facebook mengumumkan mereka mempunyai video chat sendiri yang disupport oleh Skype seminggu setelah Google+ dirilis. Tetapi sayangnya video chat Facebook hanya akan mendukung koneksi "one-on-one" untuk memulainya.

Google + Memungkinkan Anda untuk menggabungkan Berita dengan Interaksi Sosial

Memungkinkan pengguna untuk mengatur teman-teman dan orang-orang terdekat anda untuk mengikuti ke dalam Circle yang berbeda. Anda dapat membuat Circle untuk teman-teman Anda dan membuat Circle untuk info/berita yang Anda ikuti. Anda juga bisa melihat stream (seperti "wall" atau home pada Facebook) dari semua Circle anda sekaligus.

Kesimpulan mengapa Google+ berbeda:

Kesimpulannya, Google Plus tidak merevolusi dunia media sosial. Sebaliknya, ia merevolusi dunia berbagi informasi. Google+ akan mengubah cara kita mengumpulkan dan berbagi informasi. Hal ini juga memberi kita kemudahan untuk melakukan banyak aktivitas online kita, karena dilakukan dalam satu tempat saja.

Tidak seperti upaya Google lainnya di layanan media sosial yang terkait (buzz, wave, dll), Google Plus merupakan layanan yang lengkap. Pada kenyataannya, mungkin bisa dibilang layanan sosial berbagi paling lengkap yang pernah dibuat. Sekarang kita hanya harus menunggu dan melihat apakah Google+ semakin berkembang dan mengalahkan jejaring sosial sebelumnya. Sementara itu, enjoy your new social sharing!

Note: Google+ saat ini sudah bisa diakses untuk kalangan bebas, tetapi bila anda belum bisa mengakses dan ingin bergaung, saya akan undang (invite) anda. Cukup berikan alamat email anda pada komentar dibawah atau email saya di azwaramril@gmail.com.

Via berbagai sumber

Artikel Terkait

1 comment

25 July 2011 at 01:44  

malam sobat..
kunjungan perdana disini sekalian tukaran link.link banner sobat sudah terpasang diblog saya silahkan dicek :-)

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP