Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

23 March 2011

10 Jenis Makanan Untuk Kesehatan Otak Anda

Ada istilah yang mengatakan "Anda adalah apa yang Anda makan." Makanan yang seimbang dan bergizi tentu saja sangat besar manfaatnya bagi tubuh. Ada beberapa makanan yang lebih bermanfaat dan lebih bergizi daripada beberapa makanan yang lain.

Kita semua mengetahui kalau makanan yang kita santap harus sehat dan bergizi untuk tubuh kita. Lalu bagaimana dengan makanan yang baik dan sehat untuk satu bagian pada tubuh kita yang sangat penting, yaitu OTAK.

Berikut adalah daftar 10 makanan yang terbukti baik dan meningkatkan kesehatan otak kita. Serta memastikan otak kita dapat berfungsi dengan baik setiap hari.

Jadi, langsung saja baca dan simak makan apa saja yang baik dan bermanfaat untuk otak kita.

10. Tiram

Jika Anda penyuka makanan jenis seafood, maka kebiasaan anda itu bagus. Penelitian telah menunjukkan bahwa tiram sangat baik untuk otak Anda. Tiram kaya akan zat seng dan besi, makanan ini berkhasiat untuk membantu menjaga pikiran anda tajam dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi dengan mudah. Zat Seng dan besi mengandung unsur yang dapat meningkatkan kemampuan otak untuk tetap fokus dan mengingat informasi. Kekurangan zat seng dan besi dapat menyebabkan penyimpangan memori, konsentrasi buruk, dan tentu saja penyakit akan mudah menyerang anda.

9. Biji-bijian

Kita tahu betapa sehat biji-bijian untuk tubuh Anda, namun mereka juga bagus untuk otak Anda. Biji-bijian seperti gandum utuh dan bibit gandum memiliki kandungan folat tinggi, seperti halnya beras merah, oatmeal, roti gandum, barley, dan lain-lain. Semua makanan ini bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti kualitas yang lebih tinggi dan kuantitas fungsi otak. Gandum banyak mengandung vitamin B6, yang penuh dengan tiamin. Tiamin sangat bagus untuk siapa pun berusaha meningkatkan daya ingat mereka. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa kehilangan memori secara dramatis akan meningkat pada saat Anda berusia 60 atau 70-an, maka biji-bijian sangat baik bagi Anda saat Anda semakin tua.

8. Teh

Bila biasanya pada pagi hari umumnya kita meminum kopi, maka cobalah ubah dengan secangkir teh. Teh hijau atau teh hitam yang diseduh hangat sangat bermanfaat bagi otak Anda karena penuh catechin. Apakah Anda pernah mengalami hari di mana Anda hanya merasa lelah, lelah, dan "terlalu malas" untuk berpikir? Ini mungkin karena Anda kurang catechin dalam otak Anda. Catechin berperan besar untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam, segar, dan berfungsi dengan baik. Mereka tidak hanya menjaga otak Anda bekerja dengan baik, mereka juga memungkinkan untuk rileks dan membantu untuk memerangi kelelahan mental. Sedangkan teh hijau jauh lebih kuat dibandingkan teh hitam, keduanya sangat baik untuk Anda. Meminum Teh jelas merupakan suatu hal yang baik untuk memulai hari anda di pagi hari.

7. Telur

Ketika kita semakin tua, otak kita mulai menyusut akibat atrofi sesuatu yang disebut otak. Kalau sebagian dari tubuh kita bisa menyusut/keriput (kulit), tetapi tidak ada yang mau kalau otak kita yang menyusut. Namun, kita bisa "melawan" proses alam tersebut dengan makan telur. Hal ini karena telur yang penuh dengan vitamin B12 serta lesitin. Vitamin B12 membantu untuk melawan penyusutan otak, yang sering terlihat pada penyakit Alzheimer. Telur, meskipun sangat tidak sehat jika Anda makan terlalu banyak, yang penuh dengan asam lemak esensial. Kuning telur, meskipun sangat tinggi kolesterol, juga tinggi kolin, yang adalah sebuah blok bangunan yang sangat penting dari sel-sel otak. Kolin dapat membantu meningkatkan memori Anda. Sementara makan terlalu banyak telur juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Makan 1-2 produk telur sehari baik untuk otak Anda.

6. Kari

Bumbu makanan yang satu ini adalah cara yang bagus untuk "membumbui" otak Anda agar tetap segar. Sebuah bahan utama dalam bubuk kari, kurkumin penuh dengan antioksidan yang membantu melawan penuaan otak dan memelihara fungsi kognitif seiring bertambahnya usia. Antioksidan juga berjuang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi di dalam otak serta tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan penyakit lainnya dalam tubuh. Tidak hanya kari baik untuk otak Anda, juga dapat melawan diabetes dan penyakit jantung. Anda tidak harus memiliki kari untuk makan siang dan makan malam setiap hari, jumlah terkecil kari sebulan sekali bisa sangat bermanfaat bagi otak Anda.

5. Buah Berry (Blueberry)

Jika Anda bukan orang yang suka sayuran, Anda dapat mengandalkan makanan pada buah, khususnya buah yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak anda. Sebagai contoh, blueberry dikenal untuk peran mereka dalam meningkatkan kemampuan motorik serta keseluruhan kapasitas belajar Anda. Saat ini telah banyak produk yang menggunakan blueberry. Kebanyakan berry, termasuk blackberry, blueberry, raspberry, dan lain-lain, penuh dengan antioksidan yang besar untuk meningkatkan otak. Anda dapat membantu membalikkan efek penuaan pada otak dengan makan buah ini sekali sehari. Berries kadang-kadang disebut sebagai "buah-super" karena kebanyakan dari mereka mengandung fisetin dan flavenoid, yang baik untuk meningkatkan memori Anda dan memungkinkan Anda untuk mudah mengingat peristiwa masa lalu.

4. Kacang-kacangan

Mencari makanan ringan murah meriah tetapi memiliki segala kebaikan untuk otak anda? Tidak lain tidak bukan adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Hal yang baik tentang makanan ini adalah bahwa semua jenis kacang-kacangan. Ini berarti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecans, biji labu, biji bunga matahari, dan jenis lain dari kacang atau biji, mereka semua sangat baik untuk otak Anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E, dan vitamin B6. Semua nutrisi ini memungkinkan Anda untuk berpikir lebih jernih. Kacang-kacangan ini dapat membantu Anda berpikir lebih positif, karena-Omega 3 dan Omega-6 fatty acids bekerja sebagai antidepresan alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga penuh dengan tiamin dan magnesium, yang baik untuk memori, fungsi kognitif, dan makanan otak.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti daun sawi, kangkung, bayam, dan lain-lain, sangat baik untuk otak anak-anak dan orang dewasa. Sayuran ini sangat membantu ketika datang waktu untuk mengingat informasi lama. Hal ini karena makanan ini penuh dengan vitamin B6, B12, dan folat, yang adalah senyawa yang besar yang diperlukan dalam otak untuk mendobrak tingkat homosistein, yang dapat menyebabkan lupa dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran ini seringkali sangat tinggi kandungan zat besinya. Jadi ketika Ibu kita selalu mendesak kita untuk makan bayam, kangkung, sekarang anda tahu kenapa.

2. Ikan

Makan ikan secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama otak Anda. Ikan kaya dengan Omega-3 yang merupakan asam lemak yang diketahui sangat bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai aspek. Makan satu porsi ikan seminggu dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit Alzheimer. Asam lemak dapat membantu fungsi otak karena mereka melapisi neuron yang memiliki lapisan asam lemak yang menjadi kaku karena kandungan kolesterol tinggi dan lemak jenuh dalam tubuh. Omega-3 akan melapisi neuron dengan lemak yang baik, yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan mudah di seluruh otak. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru sedangkan masih mengingat informasi lama. Ikan terbaik untuk kesehatan otak adalah ikan salmon, tuna, dan ikan haring.

1. Coklat

Kabat gembira bagi anda penikmat coklat. Bahan utama coklat, kakao, dikatakan sangat bergizi untuk otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat adalah lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain, seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonols, dikatakan untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Sementara susu coklat biasa tidak memiliki flavonols, Anda bisa menemukannya (flavonols) pada cokelat gelap.

Demikian 10 jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak anda. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Via : topten food dan diolah dari berbagai sumber

Artikel Terkait

6 comments

Anonymous
23 March 2011 at 19:58  

Wah... informasi yang bermanfaat. terima kasih mas

:)

23 March 2011 at 23:39  

aq senang coklat...mantap dan euunak banget

21 September 2011 at 16:58  

"10 Jenis Makanan Untuk Kesehatan Otak Anda" "10 Types of Food For Your Brain Health" Good blog, bartering links, chat box, follow http://stikeshealthnurse.blogspot.com http://healthyhumanhealth.blogspot.com
Sorry Promotion:
chat prancis: http://www.linkstoxx.com/invite-accept.php?profile_id=12613
chat dollar: http://birejji.com/index.php?key=51219 Thank

6 November 2011 at 18:19  

Berarti ini saduran donk yah?
Kok Sumbernya enggak ada?

Menggali Khasiat Olah Nafas

24 November 2011 at 08:53  

tiap hari saya rajin ngeteh dan makan telur :D

7 January 2012 at 14:57  

informasinya sangat bermanfaat gan...

mampir ya...
GAMBUSES

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP