Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

11 August 2010

Tetap Bugar dan Produktif Di Bulan Puasa

Alhamdulillah, awal Ramadhan sudah kita lalui, ada beberapa tips bagi anda yang sedang berpuasa terutama bagi anda yang bekerja khususnya karyawan kantoran.

Puasa sering dikaitkan dengan badan lemas dan loyo. Perut kosong membuat kita cenderung malas bekerja karena konsentrasi jadi berkurang. Itulah problem klasik yang selalu kita hadapi pada saat bulan puasa.

Belum lagi masalah lain yang mengirinig orang yang sedang berpuasa misalnya mengantuk, lemas dan haus yang lebih terasa apabila suhu diluar panas.

Bagaimanapun, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan di tempat kerja. Jangan sampai hanya berdalih ibadah, kita jadi mengesampingkan tugas-tugas rutin kantor yang menjadi tanggung jawab kita. Jika kita melihat tayangan di televisi, begitu banyak suplemen yang ditawarkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Namun rahasianya cukup sederhana dan dapat kita lakukan dengan mengikuti berapa hal.

Berikut tips kesehatan agar kondisi tetap bugar dan produktif kendati sedang berpuasa;

1. Jangan lupa mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur maupun pada saat berbuka puasa. Walaupun menunya sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

2. Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. hal ini penting, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik diruangan terbuka maupun ber-AC.

3. Agar anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat pada sayuran dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu yang lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

4. Bagi penderita sakit lambung atau Maag, makanan yang sebaiknya dihindari adalah, ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

5. Sedangkan bagi penderita diabetes mellitus bisa mengkonsumsi nasi merah. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).

6. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa, dengan melakukan olahraga ringan, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dalam menghadapi sebulan penuh berpuasa.

7. Pada saat berbuka, awali buka puasa anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kurma ataupun minuman manis lainnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.

8. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

9. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

Dengan tetap produktif dan giat bekerja, hal ini merupakan wujud syukur dan penghargaan atas nikmat pekerjaan yang kita peroleh, maka dari itu jaga dan peliharalah, karena masih banyak orang diluar sana yang menginginkannya.

Semoga bermanfaat.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa

sumber: email dari sahabat via koran-jakarta.com

Artikel Terkait

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP