Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

02 August 2010

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Beramal di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan beberapa hari lagi akan datang menghampiri kita, dan kedatangannya memang di tunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Bersyukurlah kita bila nanti (InsyaAllah) dapat bertemu dengan bulan mulia, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Karena dibulan ini Allah menjanjikan banyak sekali pahala bahkan sampai berlipat ganda.

Bagi siapa saja yang melewati bulan Ramadhan secara sia-sia, maka sesungguhnya ia telah merugi. Banyak dari saudara-saudara kita yang mungkin saja tidak bisa bertemu dengan bulan yang mulia tahun ini, karena Allah SWT telah menjemput mereka. Maka manfaatkanlah sebaik-baiknya bulan Ramadhan ini dengan lebih meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang telah disyariatkan yang ditujukan kepada seorang muslim dalam rangka untuk mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah. Hukum puasa sendiri terbagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Adapun puasa di bulan Ramadhan sendiri hukumnya adalah wajib.

Berpuasa di bulan Ramadhan tentunya mempunyai keutamaan, diantaranya adalah;

Bulan diturunkannya Al-Qur;an. Seperti firman Allah yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).” (Al-Baqarah: 185)

Pada bulan ini para setan di belenggu, pintu neraka ditutup, pintu surga dibuka. Rasullullah pernah bersabda yang artinya : “Bila datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah para setan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Seperti firman Allah yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar.” (Al-Qadar: 1-5).

Ramadhan adalah bulan penghapus dosa. Rasullullah pernah bersabda yang artinya : “Shalat lima waktu, dari Jum’at (yang satu) menuju Jum’at berikutnya, (dari) Ramadhan hingga Ramadhan (berikutnya) adalah penghapus dosa di antaranya, apabila ditinggalkan dosa-dosa besar.” (HR. Muslim). Atau pada hadist yang lain Rasullullah bersabda yang artiya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra.).

Bulan Ramadhan selain mempunyai keutamaan, beramal didalamnya pun tentu saja juga mempunyai keutamaan, dan karena beramal soleh didalamnya mempunyai keutamaan, maka semua perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan ini menjadi lebih utama dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Adapun perbuatan sunnah yang sebaiknya kita perbanyak di bulan Ramadhan ini adalah;

Sholat Tarawih, Ibadah yang satu ini tidak perlu saya jelaskan lagi kesunnahannya dan keutamaanya, karena sudah menjadi “icon” dilakukan dibulan Ramadhan. Karena malam bulan Ramadhan banyak masjid-masjid penuh sesak karena banyak yang melaksanakan sholat tarawih.

Sedekah, perbuatan ini sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan. Menurut riwayat al-Baihaqi dari Aisyah radhiallahu 'anha, "Jika Rasulullah saw. memasuki bulan Ramadhan, beliau membebaskan setiap tawanan dan memberi setiap orang yang meminta". Selain bersedekah, kita juga dapat memberikan makanan untuk berbuka kepada saudara kita yang tidak mampu yang sedang berpuasa.

Membaca Al-Quran, terutama dibaca dimalam-malam dibulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan dianjurkannya membaca dan mempelajari Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

I’tikaf, yakni berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr.

Bulan Ramadhan merupakan anugerah dari Allah sebagai lambang kasih sayang Allah terhadap hambanya yang begitu besar. Jangan sampai bulan Ramadhan tahun ini kita lewati begitu saja dengan sia-sia, mari kita tingkatkan ibadah dan amalan kita sehingga semakin bertambah dan sempurna dalam pelaksanaanya sehingga kita nantinya akan menjadi pribadi yang diharapkan dalam puasa Ramadhan ini yaitu menjadi orang yang bertaqwa. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 183).

Allahu a'lam.

Silahkan baca juga postingan saya mengenai Hal-hal Yang Dianggap Membatalkan Puasa.





Artikel Terkait

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP