Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

13 September 2007

Hisab dan Rukyat

Menjelang awal dan akhir bulan Ramadhan, tema hisab dan rukyat selalu menjadi pusat pembicaraan umat Islam di mana-mana, termasuk di Indonesia.

Hisab adalah metode penentuan awal atau akhir bulan berdasarkan perhitungan astronomi atau ilmu falak. Rukyat adalah metode penentuan awal atau akhir bulan berdasarkan pandangan mata secara langsung.

Posisi Bulan dan Matahari

Perhitungan bulan dalam Islam didasarkan pada posisi relatif Bulan terhadap Matahari jika dilihat dari Bumi (pengertian posisi Bulan dan Matahari dalam tulisan ini akan selalu mengacu asumsi jika dilihat dari Bumi). Awal bulan terjadi saat posisi Bulan secara relatif mulai menjauh dari Matahari, sementara pertengahan bulan atau Bulan purnama terjadi ketika posisi Bulan secara relatif mencapai jarak terjauh dari Matahari sebelum kembali lagi mendekat menuju akhir bulan.

Penentuan awal hari atau pergantian tanggal dilakukan pada saat Matahari terbenam karena pada saat itulah Bulan mulai dapat dilihat secara visual. Demikian juga penentuan awal atau akhir bulan. Menjelang akhir bulan, Bulan sama sekali tidak terlihat secara visual karena posisinya ada di bawah Matahari. Karena itu, jika Bulan mulai terlihat setelah hari sebelumnya tidak terlihat, hal itu menandakan bulan sudah berganti.

Bantuan "software"

Karena periode putaran Bulan mengelilingi Bumi adalah sekitar 29,49 hari, umat Islam selalu melakukan rukyatul hilal (melihat Bulan) pada hari ke 29 dari bulan Hijriah. Jika pada hari ke 29 saat Matahari terbenam Bulan terlihat, saat itu adalah tanggal 1 bulan berikutnya. Sebaliknya, jika Bulan tidak terlihat, tanggal 1 bulan berikutnya adalah esok harinya setelah Matahari terbenam.

Dengan metode hisab, apalagi dengan bantuan software komputer, penentuan awal dan akhir bulan relatif lebih mudah. Dengan bantuan software, hisab tidak lagi cuma hitung-hitungan, tetapi juga dapat dilihat secara visual.

Sebagai gambaran, perhatikan gambar 1 dan gambar 2.

Gambar 1 menunjukkan posisi Bulan dan Matahari pada 16 Mei 2007, beberapa menit menjelang Matahari terbenam di ufuk barat. Di situ dapat dilihat bahwa dengan lebih dulunya Bulan terbenam daripada Matahari menunjukkan bulan yang berjalan (rabi’ul tsani) belum berakhir.

Sementara itu, pada 17 Mei 2007, sebagaimana ditunjukkan gambar 2, posisi Matahari yang lebih dulu terbenam daripada Bulan menunjukkan bulan berjalan sudah berakhir sehingga tanggal 18 Mei 2007 sudah masuk tanggal 1 Jumadil Awal.

Perbedaan posisi Bulan dan Matahari yang jelas, seperti dua gambar itu, umumnya tidak menimbulkan perbedaan dalam penentuan awal bulan, baik dengan metode rukyat maupun metode hisab. Perbedaan mungkin terjadi ketika jarak Bulan dan Matahari amat tipis sehingga, walaupun dengan metode hisab terlihat bahwa Matahari lebih dulu terbenam daripada Bulan, dengan metode rukyat, Bulan amat sulit terlihat.

Kasus yang paling dekat adalah penetapan 1 Syawal 1427 H yang lalu. Dengan bantuan software, dapat dilihat bahwa pada 22 Oktober 2006 menjelang Matahari terbenam, posisi Bulan dan Matahari seperti ditunjukkan gambar 3.

Dari gambar itu terlihat, menurut metode hisab, Matahari lebih dulu terbenam daripada Bulan (dengan selisih waktu sekitar empat menit) sehingga 23 Oktober 2006 sudah masuk 1 Syawal 1427 H. Namun, perbedaan posisi Bulan dan Matahari yang tipis menyulitkan metode rukyat untuk dapat melihat Bulan, baik dengan mata telanjang maupun dengan bantuan teleskop, sehingga mereka yang lebih mengandalkan rukyat berlebaran pada 24 Oktober 2006.

Penentuan Ramadhan

Lalu bagaimana dengan 1 Ramadhan dan 1 Syawal tahun 1428 H yang akan kita jalani?

Inilah perkiraan posisi Bulan dan Matahari (menjelang Matahari terbenam) pada 12 September 2007 dan 11 Oktober 2007 (gambar 4 dan 5).

Dari gambar itu dapat disimpulkan, untuk awal Ramadhan kemungkinan besar tidak akan ada perbedaan antara metode hisab dan rukyat. Tanggal 1 Ramadhan kemungkinan besar jatuh tanggal Masehi yang sama, yaitu 13 September 2007.

Namun, untuk 1 Syawal tampaknya perbedaan posisi Bulan dan Matahari lebih tipis lagi dibandingkan dengan posisi pada 1 Syawal 1427 H tahun lalu. Jika pada tahun lalu selisih waktu terbenamnya Matahari dan Bulan adalah sekitar empat menit, tahun ini diperkirakan selisih itu hanya sekitar dua menit.

Jadi, tampaknya kita harus kembali bersiap-siap untuk shalat Idul Fitri tidak pada hari yang sama tahun ini.

Ichwan Pemerhati Astronomi

Sumber : Kompas.co.id

Baca selengkapnya...

12 September 2007

Marhaban Yaa Ramadhan

Alhadulillah, puji syukur kepada Allah akhirnya tahun ini kita, saya dan anda dapat bertemu kembali dengan bulan yang penuh rahmat, magfirah dan ampunan dialah Bulan Ramadhan bulan dimana kita diwajibkan untuk berpusa selama sebulan penuh didalamnya. Bulan dimana kesempatan yang baik untuk kita meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah SWT.

Dalam bulan Ramadhan ini pula, dimana setiap amal kita sehari-hari dilipat gandakan pahalanya oleh Allah dan merupakan bulan pengampunan dari dosa-dosa kita, maka kesempatan yang baik bagi kita untuk memohon ampunanNya juga diikuti dengan meningkatkan amal dan ibadah.

Marilah kita sambut Ramadhan kali ini dengan meniatkan dalam diri kita untuk memperbaiki diri dan memohon ampunanNya serta meningkatkan amal dan ibadah, sehingga selepas dari Ramadhan kita menjadi individu yang "baru" yang taat dan menjadi insan yang bertaqwa, InsyaAllah, seperti dalam firman Allah ;
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa." (Al-baqarah 183)

Note : Untuk menambah pengetahuan tentang puasa Ramadhan, Silahkan dowload file Ramadhan_handbook via Box.net disini, semoga bermanfaat.

Baca selengkapnya...

10 September 2007

MorphThing.com - Jadikan Dua Foto Menjadi Satu

Sebagian kita bila browsing kadang ingin mencari informasi yang uptodate tapi sebagian lagi hanya bersenang-senang ketika sedang berinternet. Nah, mungkin website berikut ini bisa menjadi pilihan anda untuk bersenag-senang. Anda kenal dengan foto dibawah? mungkin ada yang pernah lihat?

Foto dibawah adalah Cristina Monroe (Hehehe...karangan saya). Mengapa saya beri nama tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan kunjungi web Morphthing.com, dalam web ini memungkinkan bagi kita untuk menggabungkan dua foto menjadi satu.

Foto-foto yang terdapat dalam web ini adalah foto-foto selebritis / bintang film Holywood. Kita juga bisa memasukkan foto-foto lain atau koleksi foto kita sendiri, tetapi foto yang akan diupload ada baiknya sudah kita edit, karena yang dibutuhkan dalam foto tersebut hanya wajah, supaya menghasilkan foto yang baik.

Web ini murni hanya untuk bersenang-senang saja, sangat mudah. Silahkan anda coba sendiri dan ciptakan gabungan foto karya ada sendiri, It's be Fun! ^_^.

Klik disini untuk mencoba.

Baca selengkapnya...

01 September 2007

UrlBeach.com - Memperpendek URL Yang Panjang

Kadangkala kita menemukan alamat URL atau link yang panjang. Alamat URL yang biasanya panjang adalah ferifikasi alamat email bila kita baru saja membuat account baru di sebuah website. Mungkin dengan cara berikut ini bisa mengurangi panjangnya alamat URL.

UrlBeach.com adalah sebuah website yang memungkinkan bagi kita untuk memperpendek alamat URL yang tadinya sangat panjang menjadi pendek sehingga kita dapat mengingatnya. Cukup copy dan paste alamat URL yang panjang tadi pada kolom yang ada, lalu klik "shrink", makan UrlBeach akan menampilkan hasil alamat URL menjadi pendek.

Screenshoot

Setelah mendapatkan alamat URL yang pendek tadi, copy dan paste-kan pada address bar browser anda lalu tekan "enter" maka kita akan diarahakan pada alamat URL yang asli.

UrlBeach menjadi salah satu alternatif bila kita menemukan alamat URL yang panjang, maka bila menggunakan layanan ini alamat URL bisa menjadi pendek.

Klik disini untuk mencoba

Baca selengkapnya...

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP