Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

02 March 2007

Suplemen untuk Mengurangi Stres

Siapa yang bisa terhindar stres? Hampir tidak ada. Bahkan bayi dan anak-anak bisa stres lho. Apalagi kita yang sudah dewasa.

KALAU stres datang, rasanya semua serbasalah. Kerja tidak fokus, gagal memenuhi tenggat. Kalaupun tugas selesai, hasilnya tidak optimal.

Selain yoga dan meditasi, ternyata ada lho cara lain yang dapat ditempuh untuk mengurangi stres, yaitu dengan mengkonsumsi suplemen. Nah, suplemen apa saja yang membantu meredakan stres? Yuk kita intip:

1. Vitamin C

Kadar vitamin C secara alami tinggi pada kelenjar adrenal. Penelitian memastikan bahwa saat kita stres, dalam 20 menit cadangan vitamin C berkurang jauh. Vitamin C merupakan antioksidan ampuh, penting bagi fungsi sistem ketahanan tubuh dan pembentukan kolagen di kulit, tendon, dan ligamen.

2. Vitamin B

Ketahanan atlet dan individu yang menurun saat kelelahan atau stres dapat dipertahankan dengan konsumsi ekstravitamin B, khususnya vitamin B5, karena vitamin ini membuat tubuh beradaptasi dan mengendalikan stres, serta menunjang fungsi kelenjar adrenal. Vitamin B larut air, makanya dengan mudah hilang dari tubuh karena penguapan dan stres.

3. Lemak Esensial

Sekitar 60% jaringan otak tersusun dari sel-sel lemak. Struktur dan fungsi otak yang optimal terjadi saat sel-sel lemak dibentuk oleh sebuah komponen asam lemak omega tiga yang disebut asam deoksiribonukleat (DHA). Temuan baru-baru ini menegaskan bahwa asam lemak omega 3, khususnya DHA, berperan mencegah dan berguna untuk terapi depresi (gangguan yang datang sesekali) serta ketidakteraturan jam tidur yang kerap membarengi kondisi depresi.

4. Kalsium

Kalsium secara alami menampung mineral yang penting untuk kontraksi otot yang sehat serta relaksasi, tentu baik juga bagi kesehatan tulang.

5. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang terlibat dalam 300 lebih reaksi kimia dalam tubuh. Magnesium cenderung "boros" dipakai saat kondisi stres. Defisiensi magnesium kerap dihubungkan dengan sindrom kelelahan. Magnesium merupakan relaxan otot alami, merupakan pilihan bagus untuk mengurangi ketegangan otot, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki tidur.

6. Rhodiola

Rhodiola dapat meluaskan kapasitas memori dan belajar. Rhodiola juga berguna bagi penderita gangguan tidur (insomnia) yang kerap dihubungkan dengan stres atau depresi. Diduga Rhodiola dapat memperbaiki suasana hati (mood) dan melawan depresi dengan merangsang aktivitas neurotransmiter yang penting bagi kesehatan mental.

7. Melatonin

Melatonin, sebuah hormon antioksidan yang secara alami diproduksi di dalam tubuh, mengadang dampak negatif kortisol pada sistem kekebalan tubuh. Hormon ini sangat berguna mencegah penyakit autoimun dan menigkatkan daya kerja endorfin, pembunuh rasa sakit yang dimiliki tubuh. Melatonin menormalkan kadar kortisol, juga melindungi pembuluh darah dan jantung, otak dan tulang dari bahaya yang diinduksi stres. Melatonin juga berguna untuk mencegah kenaikan kadar gula darah selama tubuh stres. Tindakan pertahanan ini berguna mencegah penyakit jantung, kehilangan memori, depresi, osteoporosis dan diabetes yang disebabkan stres.

Namun, sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda ya.

from friend who mail to me

Artikel Terkait

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP