Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

10 January 2007

Weblog Digandrungi Generasi Muda

Sumber : Kompas

Kaum muda masih mendominasi pemanfataan weblog (jurnal online) di Indonesia, setidaknya di Kota Bandung. Penggunaan weblog secara masif tidak terlepas dari fungsinya sebagai wadah aktualisasi diri, pergaulan, bisnis, hingga jurnalistik sekaligus.

Sejak diperkenalkan oleh John Barger pada 1997, pemanfaatan media maya yang akrab disebut blog ini kini berkembang sedemikian luas. Mulai anak usia sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga para profesional terlibat secara aktif dalam penggunaannya. Kepentingannya pun beragam. Mulai dari sekedar curhat hingga kuliah jarak jauh.



”Blog berkembang sedemikian dahsyat dalam kurun waktu satu dua tahun terakhir di republik ini. Di daerah, media ini tumbuh pesat di kalangan anak-anak muda. Lihat saja bagaimana komunitas bloggers (pemakai blog) bermunculan di berbagai kota seperti Lumpia (Semarang) dan Angkringan (Yogyakarta). Dan, mereka kebanyakan masih berusia di bawah 25 tahun,” ujar pakar teknologi informasi Romi Satria Wahono, Jumat (5/1).

Di Bandung sendiri, pemanfaatan masif situs blog ini di kalangan anak muda terlihat demikian jelas. Berdasarkan hasil survei Kompas secara acak terhadap sejumlah responden yang ditemui di sejumlah warnet (warung internet) di Kota Bandung, sekitar 30 persen pengunjung mengaku memiliki situs blog, baik pribadi maupun komunal.

Bermunculannya situs penyedia layanan blog gratis (open source) semacam Blogspot, youTube, Myspace, Livejournal, serta Friendster kian memanjakan pengguna. ”Zaman sekarang, hampir mustahil kalau ada anak muda yang tidak mengenal blog, juga memilikinya. Apalagi, Friendster (situs populer pencari teman). Gunakannya mudah kok,” kata salah satu siswa SMA di Bandung.

Mohammad Iqbal (26), Ketua Geng Bandung Blog Village (BBV)-perintis komunitas regional bloggers di Indonesia, mengatakan, tukar pengetahuan pengalaman dan berlatih menulis merupakan manfaat utama dari blog yang dikembangkan komunitasnya. Bahkan, tidak jarang, media ini memberi manfaat secara komersial. ”Meski saat ini tidak lagi terlalu aktif, blog kami kerap jadi sarana untuk tukar info tentang proyek. Kawan-kawan yang punya info tentang proyek bidang IT (informasi teknologi) mencantumkan dan memaparkan lowongan itu. Namun, bagian terpenting dari komunitas blog, adalah ngariung (silaturahmi),” ucapnya.

Artikel Terkait

3 comments

12 January 2007 at 03:30  

Hi there, I have added your blog at A World of Bloggers. Please remember to provide a link back.

Thanks, Rhys

13 January 2007 at 07:42  

kayaknya mas azwa postingnya membahas tentang perkembanagan blogger terus ni

13 January 2007 at 14:25  

Keep Blogging,...

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP