Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

01 August 2009

Fenomena Blog 'Teroris' BUSHRO

Pasca kejadian bom hotel Marriott dan hotel Ritz Carlton 17 July 2009 yang lalu, ada fenomena menarik khususnya munculnya blog yang mengaku Tanzim Al-Qo'idah Indonesia a.k.a Nurdin M Top yang bertanggung jawab atas peristiwa pengeboman di dua hotel tersebut. Mengapa saya katakan fenomena menarik? berikut analisa saya mengenai blog ini.

Dalam postingan saya kali ini, saya tidak membahas tentang jaringan teroris ini, secara umum saya pribadi juga mengutuk pelaku bom ini, karena telah merengut nyawa orang yang tidak berdosa. Ada yang menarik dengan munculnya blog ini. Blog yang beralamatkan di http://mediaislam-bushro.blogspot.com ini beda dengan blog-blog lain pada umumnya. Saya katakan beda, tentu saja dari postingannya saja beda, akan tetapi ada beberapa hal yang menarik untuk dicermati.

Fakta menarik tentang blog BUSHRO

Pertama adalah postingan blog tertanggal 26 July 2009 ini, selain mengejutkan banyak khalayak ramai, blog ini juga sampai ditayangkan di media elektronik perihal isi postingannya.

Kedua, untuk ukuran blog pemula, blog ini begitu sangat terkenal, ini dibuktikan dengan begitu banyaknya yang mengunjugi blog ini dengan memberikan komentar postingan blog ini, belum lagi pengunjung yang hanya berkunjung saja, tanpa memberikan komentarnya tentu lebih banyak lagi. Data terakhir yang tercatat (per tanggal 1 Agustus 09 pukul 13:35 WITA) adalah 2435 komentar (dan terus bertambah) untuk satu postingan dalam kurun waktu 6 hari. WOW!... rekor komentar yang cukup banyak sepengetahuan saya selama saya nge-blog.

Ketiga, kalau kita perhatikan, blog ini juga memiliki pengikut (follow) yang lumayan banyak, terakhir (per tanggal 1 Agust 09) tercatat 223 pengikut (dan terus bertambah). Hmm... saya berfikir, kalau ini memang blog teroris, mengapa kok masih ada yang mengikuti (follow) yaa...? bukankah itu sama saja dengan mendukung teroris?

Keempat, kalau kita mengklik profile blog ini, database blogger mencatat (per tanggal 1 Agustus 09 pukul 13:37 WITA) , diperkirakan 43000 kali (dan terus bertambah) profile ini dilihat atau diklik.

Kelima, mengenai komentar pada blog ini, ternyata sangat bervariasi mulai dari mencaci maki dengan kata-kata kasar, menghujat dan mengutuk atas kejadian bom di kedua hotel tersebut, komentar yang hanya numpang tenar saja bahkan ada komentar yang bersifat promosi (mungkin karena banyak yang berkunjung di blog ini, maka dijadikan ajang promosi).

Keenam, kalau kita klik profile komentar, rata-rata meraka baru saja membuat blog, dikarenakan meraka harus mendaftar terlebih dahulu di Google untuk dapat memposting sebuah komentar. Juga bila kita mengklik profile komentar banyak juga profilenya tidak ada a.k.a profile not available.

Itulah sedikit hasil analisa saya mengenai blog BUSHRO yang mengaku bertanggung jawab atas bom di hotel Marriott dan hotel Ritz Carlton. Untuk blog seukuran pemula yang baru berumur semiggu (26 July 09 s/d 1 Agust 09) dengan data-data ribuan pengunjung dan ribuan komentar (dan terus bertambah), blog ini memang Fenomenal.

Bagi sahabat-sahabat blogger yang mempunyai analisa lain, silahkan berikan komentarnya.

Artikel Terkait

3 comments

1 August 2009 at 16:32  

wooooowww salutt analisanya sob....siiiip

2 August 2009 at 06:39  

Hhahaha, sampai segitunya nih bro...
Memeperhatikannya detail banget :)

7 August 2009 at 03:18  

analisanya apa ya...saya pikir blogs ini sekedar mencari sensasi loh mas..ya, akhirnya karena sensasi yang ditebar maka jangan heran, semua juga pada nebeng ikut ketenaran blogs ini...

Post a Comment

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP