Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

31 January 2011

Sejarah Singkat Jejaring Sosial

Beberapa tahun lalu, apakah kita pernah membayangkan komunikasi akan semudah seperti sekarang?. Terima kasih kepada jejaring sosial dan teknologi mobile, saat ini percakapan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hanya dengan mengklik sebuah tombol kita dapat secara langsung berkomunikasi baik bicara maupun melalui jaringan media sosial. Komunikasi dua arah sekarang semakin mudah.

Bentuk pertama dari percakapan melalui web atau media online dilakukan pada tahun 1971 yaitu melalui email. Sejak itu, media web secara konstan makin berkembang dan saat ini adalah era sosial media yaitu Facebook dan Twitter. Berawal dari Barat, revolusi jejaring sosial sekarang melibatkan benua terbesar di Asia. Asia adalah benua yang paling cepat berkembang dalam hal tingkat adopsi jejaring sosial. Indonesia adalah negara peringkat terbesar kedua Facebook dengan 33 juta pengguna. Negara-negara seperti Taiwan, Thailand dan Vietnam juga menyusul.

Saat ini jejaring sosial semakin berkembang. Selain Facebook, MySpace dan Twitter, beberapa jejaring sosial mulai bermunculan. Di China ada RenRen, Sina Weibo, Google mempunyai Google Orkut dan Jepang Gree dan Mixi. Berikut adalah sejarah singkat mengenai Jejaring Sosial. Let's check it out below!

Baca selengkapnya...

27 January 2011

15 Hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Michael Jackson

Siapa yang tidak mengenal sang Raja Pop, Michael Jackson. Bintang pop yang lahir 29 Agustus 1959 di kota Indiana, Amerika Serikat ini merupakan dua pribadi yang berbeda di mata dua generasi. Untuk generasi sekarang, MJ hanya mantan bintang yang eksentrik dengan gayanya yang khas dan seorang yang secara resmi dituduh sebagai pelaku penganiayaan anak.

Tetapi untuk generasi sebelumnya dia adalah seorang mega superstar. Album Thriller nya pada tahun 1982 merupakan album terlaris sepanjang masa dengan penjualan 110 juta diseluruh dunia. Pada tahun 1997 album Blood on the Dance Floor merupakan album remix dengan penjualan terbesar sepanjang masa.

Pada tanggal 29 Juni 2009 sang legenda bintang pop Michael Jackson meninggal dikarenakan overdosis obat. Pada saat kematiannya, MJ sedang mempersiapkan konser besarnya di O2 Arena London Inggris sebagai pertanda kembalinya sang bintang raja pop. Saat ini keluarga, teman, dan para fans MJ diseluruh dunia merasa kehilangan sang bintang yang tidak bisa tergantikan sebagai ikon "King of Pop".

Berikut adalah 15 hal yang mungkin belum anda ketahui mengenai Michael Jackson. So, check it out!

Baca selengkapnya...

21 January 2011

Indonesia Pasar Terbesar Facebook Setelah Amerika

Pada tahun 2011 ini dimanakah pasar terbesar untuk jejaring sosial Facebook?. Tidak diragukan lagi tempat pertama ditempati negara asal jejaring sosial ini, yaitu Amerika Serikat dengan 146 juta pengguna, tempat kedua sungguh mengejutkan, ya, negara yang kita cintai Indonesia dengan 34 juta pengguna, kemudian tempat ketiga adalah United Kingdom dengan 27 juta pengguna.

Apa yang menarik dari negara kita sehingga memiliki pengguna Facebook yang cukup banyak?. Seperti kita ketahui populasi pertumbuhan penduduk kita sekitar 240 juta (negara terpadat keempat di dunia), jadi sekitar 40 juta orang yang terhubung dengan internet. Dengan kata lain pengguna Facebook yang terhubung sekitar 75 persen dari semua negara tersebut dan harus lebih banyak lagi yang terhubung untuk "menaklukkan" pengguna Facebook Indonesia.

Bahkan, benua Asia merupakan pasar yang sedang booming. Globalpost mengabarkan bahwa rumah di Asia terhubung dengan sekitar 112 pengguna Facebook, penyumbang seperlima dari pengguna Facebook. Peningkatan pengguna Facebook terutama berasal dari 3 negara yang pertumbuhannya cepat yaitu Malaysia, Thailand dan Taiwan.

Kunci sukses Facebook & negara Asia yang kurang populer menggunakan Facebook

Mengapa Facebook cukup sukses di Asia terutama karena adaptasi yang cepat untuk budaya dan bahasa yang berbeda. Alasan lain mengapa banyak yang bergabung di Facebook adalah karena layanan permainan onlinenya sehingga jaringannya semakin luas dan kaya. Alasan untuk berlama-lama di Facebook menjadi lebih dari sekedar permainan Farmville. India, Taiwan dan baru-baru ini Thailand menjadi negara-negara yang kecanduan Facebook dikarenakan dari permainan virtual farming ini.

Salah satu masalah Facebook yang kurang berkembang di negara Asia adalah Cina. Situs Facebook ini masih dilarang (banned) di masyarakat Cina. Sementara jejaring sosial lokal renren.com kini telah berkembang pesat dengan memiliki lebih dari 150 juta pengguna. Meskipun demikian Facebook masih memiliki pengguna dari Cina sekitar 300 ribu pengguna yang dapat mengaksesnya melalui proxy server atau ketika berada di luar negeri. Saat ini masyarakan Cina lebih senang memilih RenRen daripada Facebook.

Dari berbagai sumber.

Baca selengkapnya...

20 January 2011

Sejarah Singkat Hacking

Hacking telah ada semenjak komputer ada yang awalnya adalah untuk me-reprogram atau mengkofigurasi ulang sistem komputer untuk memberikan akses kepada seseorang yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk mengakses. Dalam dunia manipulasi elektronik, seorang hacking biasanya disebut dengan "cracking" karena sebutan ini lebih sesuai atau lebih tepat.

Kata Hacker sendiri dibuat oleh John Nash, seorang ahli Matematika, yang dimaksudkan untuk menggambarkan seseorang yang menggunakan solusi yang rumit dan cepat untuk menghidari suatu masalah. Dampak dari hacking ini bisa sangat berguna akan tetapi lebih banyak bahayanya.

Tahukah anda bahwa teknologi pertama yang di hack ditemukan pada tahun 1972, Ian Murphy merupakan hacker pertama yang dihukum. Ia meng-hack perusahaan telekomunikasi Amerika AT&T pada tahun 1981. Saat itu Ian mengubah waktu yang memungkinkan seseorang berbicara dengan tarif diskon dimalam hari pada saat siang hari dan tarif yang lebih mahal ketika berbicara dimalam hari. Albert Gonzalez adalah seorang hacker terlama yang di penjara yaitu selama 20 tahun. Ia mencuri 200 juta nomor kartu kredit dan kartu debit.

Informasi yang menarik tentang hacking ini adalah departemen pertahanan Amerika memperkerjakan 250 hacker setiap tahun untuk membantu Amerika dari ancaman bahaya cyber threats. Dan bagi anda pengguna Facebook, harus berhati-hati, karena jejaring sosial ini paling sering di hack di seluruh dunia. Hacker mencuri informasi data diri, nomor telepon dari profile kita untuk disalah gunakan.

Informasi lengkap mengenai Hacker ini bisa anda baca selengkapnya pada infographic dibawah ini, check this out!

Baca selengkapnya...

19 January 2011

Online Leaf - Jadikan Website/Blog Anda Hijau

Berita tentang Global Warming atau Pemanasan Global sudah sering didengung-dengungkan. Salah satu partisipasi untuk menyelamatkan lingkungan dalam hal ini media online atau internet, adalah dengan menghemat energi daya. Sekarang telah ada situs yang mendukung penyelamatan lingkungan berbasis online yang menjadikan website atau blog kita menjadi 'hijau'.

Tahukah anda berapa banyak CO2 yang terpancar saat kita sedang surfing sebuah website? Setiap menit seribu pengunjung yang sedang browsing sebuah website menghabiskan rata-rata sekitar 1.2kg CO2 yang dipancarkan ke atmosfer kita. Untuk mengurangi radiasi CO2 yang dihasilkan oleh monitor komputer kita, sebuah situs bermana Online Leaf telah memberikan solusi untuk mengurangi dampak radiasi ini.

Cukup masukkan sebuah scrip pada website atau blog anda , maka pada posisi siaga (standby) halaman website kita akan menampilkan layar hitam. Hal ini dimaksudkan untuk menutup halaman website dari warna yang cerah dan komponen website lainnya untuk mengurangi konsumsi daya. Dengan demikian website atau blog anda telah mengurangi energi. Hal ini mungkin tidak berpengaruh banyak, akan tetapi apabila jutaan website di internet menggunakan aplikasi ini, tentunya dampaknya akan luar biasa, kita bisa menghemat lebih banyak energi daya.

Screenshoot Online Leaf

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Cukup copy scrip pada Onlie Leaf dan pastekan script tersebut dibawah kode (head) , That's it! tidak dibutuhkan keahlian khusus, cukup mudah bukan?

Sejak postingan ini saya tulis telah terdaftar sebanyak 31.892 website/blog (dan terus bertambah...). Beberapa blogger yang lain telah menggunakan aplikasi ini. Bagi anda yang belum menggunakan applikasi ini, saatnya anda menggunakannya dan berpartisipasi untuk membantu lingkungan dan mengurangi konsumsi daya setidaknya dalam dunia online dengan membuat hijau website anda.

Langsung saja ke website Onlie Leaf untuk menyelamatkan lingkungan dan buat hijau website anda!

Baca selengkapnya...

18 January 2011

15 Fakta Menarik Mengenai Wikipedia

Salah satu kelebihan dari internet adalah informasi yang tersedia sangat banyak jumlahnya. Hanya dengan beberapa klik, kita dengan mudahnya mendapatkan informasi. Akan tetapi apakah informasi tersebut berasal dari penyedia terpercaya atau tidak. Salah satu sumber informasi di Internet yang cukup terpercaya adalah Wikipedia.

Situs dengan konsep open source ini, memungkinkan bagi kita untuk saling bertukar informasi, bertukar pikiran sehingga satu sama lain bisa saling berkontribusi. Untuk menghindari pemalsuan informasi atau informasi yang tidak benar salah satu pedoman posting di Wikipedia adalah informasi tersebut harus diverifikasi dahulu. Karena mungkin saja informasi yang di posting tidak selalu benar.

Infographic berikut menggambarkan 15 fakta menarik mengenai Wikipedia yang mungkin belum anda ketahui. Salah satu contoh fakta mengenai Wikipedia adalah kata 'wiki' berarti berbagi website dan 'pedia' adalah kependekan kata dari ensiklopedia, Wikipedia ditemukan pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, Wikipedia di support 260 bahasa (termasuk bahasa daerah/suku) dan yang menarik pada situs Wikipedia tidak terdapat iklan!.

Lebih lengkapnya silahkan lihat 15 Fakta Menarik Mengenai Wikipedia.

Baca selengkapnya...

15 January 2011

Pengisi Suara Tokoh Putri Disney [Infographic]

Anda tentunya mengetahui film dan tokoh produksi Walt Disney seperti Snow White, Cinderella, Pocahontas, dan Jasmine.

Dari semua putri-putri tersebut, kita hanya mengenalnya melalui tokoh versi animasinya. Lalu bagaimana para putri tersebut dalam kehidupan nyatanya? dalam hal ini adalah siapa saja aktris yang mengisi suara dari tokoh animasi Disney tersebut.

Disney Princess Tumblr telah mengumpulkan sebuah koleksi foto dan membandingkan antara tokoh animasi putri Disney yang terkenal dengan aktris yang mengisi suara mereka.

Berikut adalah aktris-aktris yang mengisi suara dari tokoh animasi putri-putri Disney tersebut. Check them out and enjoy!

Baca selengkapnya...

14 January 2011

Statistik Pornografi di Internet

Kita semua tahu bahwa Pornografi hukumnya haram dalam agama. Negara pun melarang keras pornografi ini. Berita terhangat baru-baru ini bahwa pemerintah meminta kepada RIM (Research in Motion) produsen BlackBerry untuk memblokir situs porno dan meminta membangun server di Indonesia, dan sepertinya RIM menyetujuinya.

Di Amerika pornografi sudah menjadi hal biasa dan merupakan ladang bisnis yang menggiurkan. Pornografi telah menjadi tren online sejak tahun 1980-an dan kemudian dengan makin berkembangnya internet (www) pada tahun 1990-an, website-website porno pun bermunculan dimana-mana termasuk di Indonesia (termasuk juga blog-blog dengan konten pornografi).

Khusus di Amerika, statistik menunjukkan, sekitar 12% website di internet adalah konten pornografi atau sekitar 24 ribuan lebih situs porno, 40 juta warga amerika adalah pengunjung rutin situs porno, tiap detik sekitar 28 ribu lebih pengguna internet melihat situs porno, sekitar 35% pengguna internet mendownload konten pornografi.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan lihat statistik infographic tentang pornografi di bawah ini. So, check it out!

Baca selengkapnya...

12 January 2011

Apa Yang Terjadi Di Jejaring Sosial Dalam 2 Jam? [Be Surprised]

Pernahkan kita berfikir apa yang terjadi dalam 2 jam di dunia maya atau internet? Seorang blogger & staf Cisco Petra Neiger akan menggambarkan sedikit mengenai apa yang terjadi di Internet selama 2 jam.

Petra mendapatkan inspirasi untuk mencari tahu apa yang terjadi di dunia maya dalam 2 jam terutama mengejai jejaring sosial. Ia mendapatkan ide ini dari perjalanannya dari San Jose ke San Francisco, Amerika Serikat yang memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. "Saya ingin tahu apa yang terjadi di luar sana sementara saya duduk disini", pikir Petra dalam hati. (Simak ceritanya disini)

Hasil penelitiannya mengenai apa yang terjadi selama 2 jam di jejaring sosial sungguh menakjubkan. Dalam 2 jam, 25 ribu pengguna baru bergabung dengan Twitter, 5,4 juta tweets dikirim, 5 juta update status baru di Facebook diterbitkan, 1,6 juta aplikasi yang terinstal, 167 juta video di Youtube sedang di saksikan, 24 juta pencarian di Yahoo, 334 ribu lagu terjual di iTunes. Wow, luar biasa, ini baru 2 jam saja, bagaimana bila 5 jam atau satu hari? So, let's check the statistic below!

Infographic dan Moral dari cerita ini

Baca selengkapnya...

06 January 2011

Apakah Kita Kecanduan Internet?

Dunia maya atau yang biasa kita kenal dengan Internet sudah banyak yang menggunakanya dan menjadi kebutuhan yang sangat penting saat ini. Bahkan bila kita sehari saja tidak online baik itu untuk cek email ataupun sekedar update status di Facebook dan Twitter, rasanya seperti ada yang kurang atau mungkin saja ada perasaan gelisah.

Saat ini Internet kita gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat dan rekan kerja (email, chat, webcam), berinteraksi soial (jejaring social Facebook, Twitter), sumber untuk mencari berita dan informasi baik itu untuk inspirasi maupun untuk entertaiment atau kesenangan/hobi, tempat untuk bermain game (online game) dan sebagai sumber informasi yang tersaji untuk kita tanpa batas.

Saat ini kita lebih banyak menghabiskan waktu kita untuk online atau berselancar di dunia maya. Tidak saja di rumah, di warnet, tempat keramaian yang menyediakan free hotspot, bahkan di kantor pun kita tidak lepas yang namanya online. Baik itu melalui komputer/laptop maupun mobile (Hand Phone). Bahkan sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyatakan bahwa kecanduan internet merupakan gangguan kesehatan mental. 68.9% warga Amerika merupakan pengakses internet secara rutin.

Dari sedikit penjelasan diatas, apakah kita termasuk dalam golongan orang yang kecanduan internet? Infograpic di bawah ini menggambarkan statistik tentang kecanduan internet. So, let’s check it below!

Baca selengkapnya...

05 January 2011

Monopoli versi Jejaring Sosial

Anda pasti kenal dan pernah memainkan permainan yang satu ini, permainan yang saya maksud adalah Monopoli. Permainan klasik ini sampai sekarang masih di mainkan oleh pecinta permainan Monopoli.

Dengan memiliki uang yang banyak, aset rumah dan gedung, serta cek kita bisa membeli apa saja yang kita inginkan (hal ini tentu saja bisa kita lakukan hanya dalam permainan Monopoli).

Permainan Monopoli ini telah beberapa kali mengalami versi sesuai dengan kebiasaan atau kultur sebuah negeri. Nah, dengan berkembangnya dunia maya (internet) dan jejaring sosial, mungkin sudah saatnya permainan Monopoli ini juga mengadopsi website dan jejaring sosial.

Monopoli ini berbeda dengan monopoli yang biasanya. Dengan didasarkan dunia jejaring sosial yang lagi semarak ini, maka inilah Monopoli versi jejaring sosial. So, check it out!


Klik gambar untuk memperbesar

via Flowtown

Baca selengkapnya...

04 January 2011

Perkembangan Jejaring Sosial 2010

Tidak terasa satu tahun telah berlalu dan hari ini adalah hari keempat tahun 2011. Banyak hal yang telah terjadi di bidang jejaring sosial dan teknologi pada tahun lalu. Tapi apa yang menjadi sorotan utama pada tahun 2010? Infographic berikut akan memberitahu kepada anda tentang perkembangan jejaring sosial pada tahun 2010. Yang menarik, informasi yang disajikan lebih banyak tentang Facebook.

Tidak bisa kita pungkiri pada tahun 2010 jejaring sosial yang berkembang pesat adalah Facebook. Terbukti tidak hanya pengguna yang semakin banyak, akan tetapi jajaring sosial ini pun telah dibuat versi filmnya tentang kesuksesan jajaring sosial ini. Selain itu, sang pembuat Facebook Mark Zuckeckerg menyumbangkan 100 juta dollar dalam acara talk show The Oprah Winfrey untuk meningkatkan pendidikan di Newark, New Jersey. Dan jangan lupa bahwa dia juga menjadi TIME's 2010 Person of the Year pada majalah TIME untuk melengkapi akhir tahun yang sempurna di tahun 2010.

Di awal tahun 2011 ini kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya mengenai jejaring sosial. Apakah perang dingin antara Facebook dan Google meledak menjadi pertempuran yang panas? Apakah jejaring sosial lainnya bisa binasa dibawah supremasi Facebook? Akankah pengguna Twitter akan semakin banyak tahun ini? We will see.

Let's see timeline social network in 2010

Baca selengkapnya...

01 January 2011

Selamat Tahun Baru 2011

Tidak terasa kita udah masuk di tahun 2011, dalam kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan kepada semua pembaca dan pengunjung setia Azwar weBlog.

Selamat Tahun Baru 2011.


Semoga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud di tahun ini dan yang pasti semoga di tahun yang baru ini harapan baru dan semangat baru senantiasa ada dalam diri kita, semoga juga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Kita sambut tahun baru ini dengan harapan yang baru dan semangat untuk berbuat lebih baik lagi.

Baca selengkapnya...

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP