Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

14 September 2010

Puasa Sunnah Syawal

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang tidak henti-hentinya memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita sehingga kita dapat melewati bulan suci Ramadhan dengan berbagai amal ibadah. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan dapat kita lanjutkan kembali bukan hanya ritual setiap tahun saja, akan tetapi benar-benar membekas dan kita lanjutkan untuk sebelas bulan kedepan.

Setelah sebulan penuh kita melaksanakan puasa di bulan ramadhan, kini di bulan syawal kita diberikan kesempatan lagi untuk menyempurnakan puasa ramadhan kita dengan melaksanakan puasa sunnah syawal selama enam hari.

Puasa sunnah syawal adalah puasa enam hari pada bulan syawal, bulan kesepuluh dalam tanggalan islam (hijriah). Puasa syawal ini mempunyai keutamaan seperti yang disebutkan dalam hadist nabi SAW yang artinya, dari Abu Ayyub al-Anshari radhiallaahu ‘anhu meriwayatkan, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR. Muslim).

Dalam hadist nabi SAW yang lain disebutkan, Imam Ahmad dan an-Nasa’i, meriwayatkan dari Tsauban, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Ramadhan ganjarannya sebanding dengan (puasa) sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari (di bulan Syawal, pahalanya) sebanding dengan (puasa) dua bulan, maka bagaikan berpuasa selama setahun penuh.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hubban dalam “Shahih” mereka).

Juga dalam hadist nabi SAW yang lain disebutkan, Dari Abu Hurairah radhallaahu ‘anhu, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan lantas disambung dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia bagaikan telah berpuasa selama setahun.” (HR. al-Bazzar).

Dalam hadits tersebut diterangkan, bahwa pahala orang yang berpuasa Ramadhan dan enam hari di bulan Syawwal sama pahala dengan puasa setahun. Karena satu pahala kebaikan nilainya sama dengan sepuluh kali kebaikan (QS. Al-An' am:160). Jika satu kebaikan dihitung sepuluh pahala, berarti puasa Ramadhan selama satu bulan dihitung sepuluh bulan. Dan puasa enam hari di bulan Syawwal dihitung dua bulan. Jadi total jumlahnya adalah satu tahun.

Hukum dan cara melaksanakan puasa sunnah syawal

Puasa enam hari pada bulan syawal hukumnya adalah sunnah dan ia boleh dilakkukan secara berturut-turut atau tidak berturut-turut, tetapi harus dilakukan pada bulan syawal. Puasa Syawal juga boleh dilakukan di pertengahan atau di akhir bulan Syawal. Lalu bila ada pertanyaan manakah yang didahulukan apakah harus membayar hutang puasa di bulan ramadhan atau menunaikan puasa syawal?

Sebaiknya orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan memulai membayarnya di bulan Syawal, karena hal itu akan mempercepat proses pembebasan dirinya dari tanggungan hutangnya. Kemudian dilanjutkan dengan enam hari puasa Syawal. Dengan demikian ia telah melakukan puasa Ramadhan dan mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal.

Hikmah disyari'atkannya puasa enam hari di bulan Syawwal adalah sebagai pengganti puasa Ramadhan yang dikhawatirkan ada yang tidak sah. Demikian juga untuk menjaga agar perut kita tidak lepas kontrol setelah sebulan penuh melaksanakan puasa, kemudian diberi kesempatan luas untuk makan dan minum. Lebih dari itu, puasa Syawal adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan.

Wallahu'alam bishawab.

Baca selengkapnya...

09 September 2010

Selamat IDUL FITRI 1431 H - Mohon Maaf Lahir dan Bathin


Andai jemari tak sempat berjabat
Jika raga tak bisa bersua
Bila Ada kata dan goresan tinta membekas luka
Semoga pintu maaf masih terbuka

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Untuk semua Sahabat pengunjung dan pembaca setia blog ini, saya memohon maaf atas semua kesalahan dalam tutur kata dan semua khilaf, Semoga Allah menerima ibadah dan mengampuni dosa-dosa kita semua selama ini. Amiiin.


Taqabballahu minna wa minkum


Image credit: ebsoft.web.id

Baca selengkapnya...

05 September 2010

Tips Blogging Yang Blogger Harus Tahu

Semenjak ramainya dunia blog sphere, banyak diantara kita yang memanfaatkan blog baik itu sebagai mata pencaharian (untuk mendapat rupiah maupun dollar) atau sekedar tempat untuk menuangkan pendapat atau opini anda.

Ada juga blog yang berisi tips-tips tentang blogging, atau informasi yang lagi banyak dibicarakan (update). Berikut 6 (enam) blogging tips yang para blogger harus tahu agar blog anda sukses dan banyak dikunjungi oleh para pembaca.

Buat Blog Tentang Hal Yang Anda Tahu

Hal ini sangat penting untuk blog tentang apa yang anda ketahui. Karena Anda memberikan informasi kepada para pembaca (pengunjung) dan individu, sehinga informasi yang anda berikan harus rinci dan akurat. Ini sangat penting, pastikan bahwa blog anda berisi tentang hal-hal yang anda ketahui, karena informasi yang anda berikan akan menyebar ke dunia maya, pastikan juga bahwa informasi atau topik itu mudah bagi anda untuk menulisnya.

Ambil Keuntungan Dari 'Money Making' Lewat Blog

Apakah Anda blogging hanya untuk bekerja atau bersenang-senang? Ada banyak cara untuk mengubah blog Anda menjadi sebuah usaha penghasil uang. Ini adalah salah satu tips blogging yang lebih penting sebagai orang yang ingin menghasilkan uang sambil melakukan apa yang Anda sukai. Berbagai usaha untuk menghasilkan uang melalui blogging termasuk program afiliasi, program membayar per klik dan menjual produk Anda sendiri melalui blog Anda. Jadi manfaatkan blog anda semaksimal mungkin.

Pastikan Blog Anda Selalu ter Up to Date

Dalam skema besar dari blogging, tips ini sangat penting. Pastikan blog anda selalu up to date dengan informasi-informasi terbaru. Atau anda sering memposting minimal 3 hari sekali agar mudah terindex oleh Google. Jangan biarkan blog anda tidak pernah di posting selama sebulan atau lebih. Blogging, dalam hal ini dunia maya terdiri dari informasi baru yang terus menerus ter update. Ini juga akan membantu Anda untuk membuat lebih banyak uang jika blog Anda memiliki atau mengikuti program afiliasi atau yang sejenisnya yang ada pada blog Anda.

Isi Blog Anda dengan Informasi Bermanfaat

Kalau kita perhatikan beberapa blog yang terbaik dan mempunyai statistik pengunjung yang banyak, biasanya memberikan informasi yang berguna bagi pembacanya. Meskipun informasi di blog itu tentang kehidupan atau suatu pengalaman, akan tetapi bila enak dibaca dan bermanfaat, maka itu lebih baik. Isi blog Anda dengan postingan dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca, membuat blog anda lebih populer dan banyak dikunjungi.

Buat Setiap Entry Blog Semenarik Mungkin

Yang harus dipertimbangkan dalam perjalanan harian Anda dalam blogging adalaha pastikan untuk membuat setiap entri blog semenarik mungkin. Tidak peduli apa topik yang ingin anda angkat, yang penting postingan tersebut enak dibaca para pengunjung blog anda. Semakin sering anda posting artikel yang menarik, maka pengunjung di blog anda akan senang berlama-lama diblog anda untuk membaca setiap postingan anda dan ini akan membuat mereka datang kembali. Saat menulis entri blog Anda, pikirkan apa yang kira-kira yang menarik yang akan anda posting sehingga pembaca bisa rutin untuk berkunjung ke blog anda.

Postingan Bukan Hanya Untuk Google Tapi Untuk Pembaca Blog Anda

Bila anda menulis sebuah artikel, pastikan bukan hanya untuk Google, namun untuk pengunjung blog anda juga. Banyak blogger yang khawatir tentang kata kunci apa yang bisa menambah peringkat posting mereka di mesin pencari Google. Mungkin posting Anda optimal dalam hal konten, tetapi apakah optimal dalam hal para pembaca blog anda? Anda harus menyadari bahwa kata kunci bukan satu-satunya yang diutamakan. Pastikan untuk membuat konten, Anda menulisnya bukan hanya untuk Google, akan tetapi lebih utama para pembaca setia anda.

Demikian 6 tips blogging dari sekian banyak tips-tips yang ada. Semoga dengan sedikit tips ini bisa menambah wawasan anda dalam blogging. Dan semoga anda bisa menerapkannya sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung di blog anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber.

Baca selengkapnya...

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP