Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

27 August 2010

BlogExplosion - Tingkatkan Traffic Blog Anda

Sebagai pemilik blog, tentunya kita ingin blog kita banyak di kunjungi. Salah satu cara klasik untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog kita adalah dengan cara blog walking, tukar link dan banner atau bisa juga konten dalam blog, kita buat semenarik mungkin mulai dari tampilan blog (template yang interaktif) atau isi postingan blog kita tentang hal-hal yang menarik sehingga para pengunjung betah untuk berlama-lama di blog kita.

Bagi anda yang telah mempunyai blog, pernahkan anda bertanya; saya sudah mempunyai blog, tapi mengapa blog saya tidak ada yang mengunjungi atau membacanya?. Mungkin pertanyaan tersebut pernah terbesit dalam pikiran anda. Nah, ada satu website yang menurut saya bisa menjawab pertanyaan anda tersebut.

Adalah Blogexplosion.com, sebuah website komunitas blogging dari seluruh dunia yang mana bila blog kita telah terdaftar di website ini, blog kita dapat ditemukan dan dibaca oleh blogger lain. Website ini merupakan salah satu solusi dan cara terbaik untuk memperluas jumlah orang yang membaca diblog anda.

Bila anda mendaftar di website ini terdapat beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, antara lain adalah;





  • Anda akan mendapatkan banner untuk mempromosikan blog anda,
  • Blog anda bisa direview oleh member/anggota yang lain,
  • Blog statistik,
  • Blogmark blog favorit anda,
Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan bila bergabung di website ini. Menurut saya, bila anda mempunyai blog, anda wajib untuk mendaftarkan blog anda, paling tidak anda bisa mengunjungi web ini dan anda bisa pelajari lebih lanjut, karena web ini menawarkan untuk bisa meningkatkan pengunjung pada blog anda.

Tertarik untuk mendaftarkan blog anda? Langsung saja klik banner di bawah


Baca selengkapnya...

24 August 2010

Apakah Puasa Anda "Fasting Baby"?

Ada Artikel yang menurut saya cukup menarik untuk kita baca dan simak. Artikel ini saya ambil dari koran Tribun Kaltim edisi online. Artikel ini di tulis oleh Komaruddin Hidayat, beliau adalah Guru Besar dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Artikel ini saya ambil point-point nya saja tanpa mengurangi isi dan maknanya, sehingga mudah di mengerti. Semoga artikel ini menambah wawasan kita dalam beribadah puasa Ramadhan. Selamat membaca.

Menjalankan puasa merupakan sebuah tantangan. Banyak disebutkan bahwa bukan menahan lapar dan haus saja yang terasa berat, namun yang dianggap lebih berat adalah menahan diri dari emotional outburst atau ledakan emosi. Mungkin saja bagi Muslim Indonesia demikian, namun bagi mereka yang menjalani puasa di negara-negara yang memiliki banyak musim, dan kebetulan bulan Ramadan jatuh pada musim panas, menahan makan dan minum bisa jadi menjadi tantangan yang tidak mudah.

Bayangkan saja di beberapa negara di Amerika Utara, misal puasa mulai jam 4 pagi sampai jam 8 malam. Belum lagi mereka berpuasa di tengah-tengah mayoritas masyarakat non- Muslim. Meskipun tidak ada larangan, tentu saja tingkat kesulitan dan tantangan dari sisi itu menjadi berlipat.

Puasa di negeri orang ternyata tidak mudah. Namun pernahkah kita membayangkan bagaimana dengan orang asing non-Muslim yang berada di Indonesia selama bulan Ramadan? Kawan saya bercerita tentang pengalamannya bekerja bareng dengan orang asing saat puasa. Dia bercerita suatu siang, kawannya orang asing itu memijat-mijat kepalanya seperti sakit.

Rupanya dia belum makan apa-apa dari pagi. Ketika ditanya kenapa, dia bilang dia ikut “puasa” untuk menghormati kawan-kawannya yang puasa. Ketika disarankan untuk makan saja, dia tetap menolak dengan alasan dia merasa tidak nyaman untuk makan di tengah-tengah mereka yang sedang berpuasa.

Ada lagi kawan warga asing yang saat itu ikut dalam sebuah pertemuan sambil buka bersama. Saat Adzan maghrib berkumandang, dia terlihat semangat juga berbuka seperti kawan-kawan lain yang berpuasa. Rupanya dia seharian juga tidak makan, walaupun dia bilang puasa tapi juga masih minum air putih, karena takut dehidrasi.

“Saya senang ikut puasa untuk menghormati kawan-kawan yang berpuasa, tapi saya hanya bisa melakukan baby fasting (puasa bayi).”

Saya kira istilah baby fasting (puasa bayi) ini sangat menarik untuk direnungkan. Ada dua makna yang bisa ditarik dari istilah ini. Pertama, istilah ini bermakna puasa yang secara kualitas, tingkat kemampuan dan kesanggupannya masih tingkatan bayi, belum dewasa. Al-Ghazali dalam karya monumentalnya Ihya Ulumuddin mengkatagorikan puasa seperti ini sebagai puasa tingkat awam, yaitu puasa yang hanya dimaknai sekedar menahan lapar, dahaga dan nafsu birahi. Ini adalah kategori terendah setelah puasa khawasul khawas dan khawas.

Ada baiknya saat ini kita introspeksi diri, jangan-jangan puasa kita selama ini masih bersifat baby fasting. Karena kalaupun tidak makan dan minum, tapi berapa sering kita tidak mampu menahan hawa nafsu dalam ucapan dan tindakan? Berapa banyak ucapan yang telah dilontarkan yang membuat tidak nyaman dan menyakiti? Berapa sering gerak gerik dan tindakan kita membuat orang lain merasa sakit hati, marah dan tersinggung selama berpuasa? Puasa bayi seperti inilah mungkin yang dalam hadith disinyalir sebagai ibadah puasa, namun yang mengerjakannya tidak mendapatkan apa-apa kecuali rasa lapar dan haus saja.

Kedua, kata baby atau bayi dalam istilah di atas merujuk pada tindakan yang dilakukan tanpa didasari oleh pengetahuan dan pengertian atau hanya sekedar meniru. Menurut filosuf Aristotle, meniru itu merupakan salah satu insting yang dimiliki manusia semenjak bayi. Bahkan dikatakan manusia mendapatkan rasa senang dari meniru atau imitasi (mimesis) ini. Sampai-sampai manusia dianggap sebagai makhluk yang paling banyak meniru, the most imitative living creatures.

Manusia secara alamiah dianugerahi dorongan untuk mencipta atau membuat (create) dan membuat kembali (re-create) sesuatu yang merepresentasikan realitas atau alam. Maka lihatlah, bayi akan makan, minum dan berbicara melalui proses meniru ibunya. Sesungguhnya insting mimetic inilah yang mendorong lahirnya beragam karya seni seperti sastra, drama, lukisan, film dan lain-lain. Karena pada dasarnya semua karya itu merupakan “tiruan” atau representasi dari realitas yang ada dalam kehidupan manusia.

Dalam konteks imitasi inilah, istilah “puasa bayi” dapat dimaknai sebagai puasa yang dilakukan hanya karena mengikuti kebiasaan yang ada di lingkungan sekitarnya. Berpuasa bukan karena ingin mensucikan diri, meningkatkan kualitas iman atau menjalankan perintah agama, tapi karena orang di sekitarnya berpuasa, dan kalau dia tidak, akan merasa tidak enak, risih. Dengan alasan seperti ini maka tidak heran kalau antara puasa dan kualitas keimanan serta kesalehan tindakan tidak ada kaitannya.

Puasa, tapi masih menggunjing, memfitnah, tawuran, mencelakai orang, mencuri, berbuat sewenang-wenang bahkan menghilangkan nyawa orang lain ataupun dirinya sendiri. Apakah puasa kita selama beberapa hari ini masih masuk kategori puasa ini? Kalau jawabannya ya, tidak perlu berkecil hati. Masih ada waktu untuk memperbaiki. Semoga kita diberi petunjuk dan kekuatan untuk belajar menjadi lebih baik.

sumber : http://www.tribunkaltim.co.id

Baca selengkapnya...

18 August 2010

Menara Abraj Al-Bait - Jam Terbesar dan Tertinggi Di Dunia

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam. Satu lagi bangunan super megah yang di bangun di kota suci Mekkah yang menjadi kebanggaan kaum muslimin. Pada awal Ramadhan lalu telah diresmikan sebuah karya bangunan monumental di kota suci Mekkah Al Mukarromah.

Bangunan tersebut adalah The Makkah Clock Tower Royal Hotel atau dikenal dengan nama Tower Abraj Al Bait yang merupakan bagian dari 7 (tujuh) komplek menara Abraj Al Bait (tower hotel, Hajar, ZamZam, Maqam, Qibla, Marwah, dan Safa). Sesuai namanya, pada menara ini terdapat jam pada setiap sisi tower ini.

Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks yang sangat luas yang terdiri dari hotel, ruang konferensi dan pusat perbelanjaan yang biaya pembangunannya sekitar usd 3 milliar ($3 billion). Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Tower Abraj Al Bait ini akan berdiri setinggi 402 meter dan dapat dilihat sejauh tujuh kilometer.

Jam pada tower ini juga menjadi jam terbesar di dunia (4,7 kali lebih besar dari Big Ben), dan tinggi menaranya menjadi menara tertinggi ke dua di dunia setelah menara Burj di Dubai. Disetiap sisi dari menara ini mempunyai jam yang mempunyai ukuran yang berbeda, yaitu dua sisi jam ini berukuran tinggi 80 meter, lebar 65 meter, dan lebar diameter 39 meter. Dua jam lainnya berukuran tinggi 65 meter, lebar 43 meter dan diameter 25 meter.

Dalam kompleks Abraj Al Bait ini terdapat hotel yang dikelola oleh Fairmont Hotel dan akan melayani reservasi selama 24 jam dan ingin menjadikan hotel ini sebagai hotel yang paling mewah di kota suci Mekkah. Hotel ini berada di tengah kompleks dari tujuh menara yang terletak diseberang Masjidil Haram. Hotel ini mempunyai 76 lift dan 1.005 kamar suite. Hotel ini juga mempunyai lima lantai "Royal" dan dua lantai "Golden". Dengan adanya hotel ini akan memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi jamaah haji pada musim haji.

Pemerintah Arab Saudi mengharap bangunan jam terbesar dan tertinggi sejagad ini sebagai standard waktu alternatif untuk meredian Greenwich. Selama 125 tahun terakhir masyarakat internasional mengakui bahwa awal setiap hari harus diukur dari meridian utama, yang mewakili bujur 0 derajat, yang melewati Observatorium Greenwich.




Klik pada gambar untuk memperbesar

Sumber: wikipedia dan diolah dari berbagai sumber.

Baca selengkapnya...

14 August 2010

Watch: Dibalik Layar Pembuatan Film Transformers 3

Seperti kita ketahui, sekuel ke tiga film Transformers 3 segera dirilis, Sebagai penggemar film ini, tentunya kita ingin mengetahui berita terbaru film Transformers 3 ini.

Pada pertengahan July lalu sutrada film ini Michael Bay telah melakukan syuting di kota Chicago, selain dari beberapa kota lainya yaitu Washington DC, Florida, Texas, Afrika, Moscow dan Cina.

Dalam syuting kali ini, kota Chicago benar-benar dibuat porak poranda seakan-akan benar-benar diserang oleh Decepticons.

Akibat syting film ini, menyebabkan kemacetan dibeberapa kota dan mengganggu aktifitas kantor dan pejalan kaki. Akan tetapi ada yang diuntungkan dari syuting film TF3 ini, Hotel 71 di Chicago, semua kamar terjual untuk seminggu kedepan dikarenakan hotel tersebut menawarkan paket yang mana anda bisa secara langsung menyaksikan adegan action ledakan dan tembakan tepat di depan hotel tersebut. Tentu saja ini hanya bisa disaksikan oleh penghuni hotel tersebut.

Selain Hotel, sebuah restoran Bella's Pacino juga mendapat keuntungan. Restoran ini ditutup selama tiga hari untuk umum dikarenakan adanya syuting film ini. Sebagai gantinya, Paramount Pictures telah setuju untuk mengganti biaya operasional restoran itu selama tutup.

Selain itu, "Transformers telah mempekerjakan lebih dari 184 tenaga penduduk setempat sebagai asisten produksi dan 27 anggota National Guard sebagai tentara. Dalam film TF3 ini juga terdapat mobil baru seperti mobil nascar, ferrari dan mercy.

Saksikan suasana pembuatan film TF3 ini, lihat video ini via Youtube



Saksikan suasana pembuatan film TF3 ini, lihat video ini via Vimeo


Tunggu sampai loading selesai, kemudian reply untuk menyaksikan secara sempurna

Transformers 3 dibintangi oleh Shia LaBeouf, Rosie Huntington-Whiteley, Julie White, Kevin Dunn, Josh Duhamel, Tyrese Gibson, Alan Tudyk, John Malkovich dan masih disutradarai oleh Michael Bay. Transformers 3 akan dirilis 1 Juli 2011 (Amerika) untuk menyambut kemerdekaan Amerika Serikat.

Baca selengkapnya...

11 August 2010

Tetap Bugar dan Produktif Di Bulan Puasa

Alhamdulillah, awal Ramadhan sudah kita lalui, ada beberapa tips bagi anda yang sedang berpuasa terutama bagi anda yang bekerja khususnya karyawan kantoran.

Puasa sering dikaitkan dengan badan lemas dan loyo. Perut kosong membuat kita cenderung malas bekerja karena konsentrasi jadi berkurang. Itulah problem klasik yang selalu kita hadapi pada saat bulan puasa.

Belum lagi masalah lain yang mengirinig orang yang sedang berpuasa misalnya mengantuk, lemas dan haus yang lebih terasa apabila suhu diluar panas.

Bagaimanapun, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan di tempat kerja. Jangan sampai hanya berdalih ibadah, kita jadi mengesampingkan tugas-tugas rutin kantor yang menjadi tanggung jawab kita. Jika kita melihat tayangan di televisi, begitu banyak suplemen yang ditawarkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Namun rahasianya cukup sederhana dan dapat kita lakukan dengan mengikuti berapa hal.

Berikut tips kesehatan agar kondisi tetap bugar dan produktif kendati sedang berpuasa;

1. Jangan lupa mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur maupun pada saat berbuka puasa. Walaupun menunya sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

2. Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. hal ini penting, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik diruangan terbuka maupun ber-AC.

3. Agar anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat pada sayuran dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu yang lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

4. Bagi penderita sakit lambung atau Maag, makanan yang sebaiknya dihindari adalah, ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

5. Sedangkan bagi penderita diabetes mellitus bisa mengkonsumsi nasi merah. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).

6. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa, dengan melakukan olahraga ringan, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dalam menghadapi sebulan penuh berpuasa.

7. Pada saat berbuka, awali buka puasa anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kurma ataupun minuman manis lainnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.

8. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

9. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

Dengan tetap produktif dan giat bekerja, hal ini merupakan wujud syukur dan penghargaan atas nikmat pekerjaan yang kita peroleh, maka dari itu jaga dan peliharalah, karena masih banyak orang diluar sana yang menginginkannya.

Semoga bermanfaat.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa

sumber: email dari sahabat via koran-jakarta.com

Baca selengkapnya...

09 August 2010

PromoPeluangBisnis: Promosikan Bisnis dan Usaha Anda

Bila anda mempunyai suatu website atau toko online dan ingin mempromosikan produk-produk anda, tentunya anda membutuhkan tempat untuk mempromosikan produk anda. Dari sekian banyak website yang menawarkan peluang bisnis tempat untuk promosi atau iklan, mungkin tidak ada salahnya anda mencoba website yang satu ini.

PromoPeluangBisnis.com adalah sebuah website yang menyediakan tempat pemasangan iklan serta tempat promosi, peluang bisnis, dan peluang usaha. Anda bisa mengiklankan dan mempromosikan apa saja di webiste ini sepanjang mematuhi peraturan yang berlaku. Banyak website yang menawarkan iklan baris gratis maupun pasang iklan gratis, akan tetapi website ini menawarkan sesuatu yang lain.

Pada website ini juga terdapat kolom Pasang Iklan, yang mana dengan fasilitas ini anda dengan mudah dan cepat memasang iklan anda lengkap dengan deskripsi dan isi iklan yang ingin anda pasang. Anda cukup mengisi nama, email, url webiste, judul iklan, deskripsi iklan (max 250 karakter), isi iklan, banner (125x125), dan kategori. Setelah anda mengisi semua, masukkan kode sandi lalu klik tombol Pasang Iklan. Cukup mudah bukan?.

Untuk harga pasang iklan, website ini menawarkan tarif yang cukup murah. Terdapat beberapa pilihan tarif yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan promosi produk anda. Untuk iklan Top Banner (468x60) Rp. 40.000/bulan, iklan Side Bar (125x125) Rp. 25.000/bulan, iklan Blogroll Rp. 10.000/bulan dan iklan Strip Rp. 7.000/bulan.

Tertarik untuk memasang iklan dan mempromosikan produk anda?, langsung saja ke promopeluangbisnis.com

Baca selengkapnya...

05 August 2010

Tweet-U-Latter.com - Jadwalkan Postingan Twitter Anda

Bila anda termasuk yang sering aktif menggunakan Twitter, tentunya anda akan sesering mungkin untuk meng-update status anda atau sekedar memberikan informasi kepada pengikut anda. Ada satu aplikasi yang mungkin sangat cocok bagi anda yang aktif dan sering berinteraksi menggunakan Twitter.

Adalah Tweet-U-Latter.com sebuah website yang memungkinkan bagi anda untuk membuat jadwal kapan postingan Twitter akan diterbitkan atau mengotomatisasikan postingan Twitter anda dengan waktu tertentu sesuai dengan keinginan anda. Aplikasi ini menurut saya sangat baik, karena bagi anda yang sering update di Twitter, anda tidak perlu memposting setiap saat dan harus login terlebih dahulu pada account Twitter anda.

Cukup anda ketikkan postingan apa yang ingin anda tampilkan pada Twitter anda, kemudian anda bisa menset waktunya untuk anda tampilkan. Anda bisa menset waktu sesuai keinginan anda, bisa 10 menit, 1 jam, 1 bulan bahkan 1 tahun kemudian sesuka anda. Sehingga anda tidak perlu sering posting melalui account Twitter, cukup ketikkan postingan anda lalu set waktunya kapan untuk di tampilkan. Cukup mudah bukan?



Dengan aplikasi ini, anda seolah-olah online terus untuk mengupdate Twitter anda, padahal anda telah menset waktunya untuk tampil sesuai waktu yang telah anda tentukan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menjadwalkan suatu acara bersama teman-teman anda, sehingga anda tidak lupa.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini?, langsung saja daftar di Twitter-U-Later.

Enjoy!

Baca selengkapnya...

02 August 2010

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Beramal di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan beberapa hari lagi akan datang menghampiri kita, dan kedatangannya memang di tunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Bersyukurlah kita bila nanti (InsyaAllah) dapat bertemu dengan bulan mulia, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Karena dibulan ini Allah menjanjikan banyak sekali pahala bahkan sampai berlipat ganda.

Bagi siapa saja yang melewati bulan Ramadhan secara sia-sia, maka sesungguhnya ia telah merugi. Banyak dari saudara-saudara kita yang mungkin saja tidak bisa bertemu dengan bulan yang mulia tahun ini, karena Allah SWT telah menjemput mereka. Maka manfaatkanlah sebaik-baiknya bulan Ramadhan ini dengan lebih meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang telah disyariatkan yang ditujukan kepada seorang muslim dalam rangka untuk mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah. Hukum puasa sendiri terbagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Adapun puasa di bulan Ramadhan sendiri hukumnya adalah wajib.

Berpuasa di bulan Ramadhan tentunya mempunyai keutamaan, diantaranya adalah;

Bulan diturunkannya Al-Qur;an. Seperti firman Allah yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).” (Al-Baqarah: 185)

Pada bulan ini para setan di belenggu, pintu neraka ditutup, pintu surga dibuka. Rasullullah pernah bersabda yang artinya : “Bila datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah para setan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Seperti firman Allah yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar.” (Al-Qadar: 1-5).

Ramadhan adalah bulan penghapus dosa. Rasullullah pernah bersabda yang artinya : “Shalat lima waktu, dari Jum’at (yang satu) menuju Jum’at berikutnya, (dari) Ramadhan hingga Ramadhan (berikutnya) adalah penghapus dosa di antaranya, apabila ditinggalkan dosa-dosa besar.” (HR. Muslim). Atau pada hadist yang lain Rasullullah bersabda yang artiya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra.).

Bulan Ramadhan selain mempunyai keutamaan, beramal didalamnya pun tentu saja juga mempunyai keutamaan, dan karena beramal soleh didalamnya mempunyai keutamaan, maka semua perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan ini menjadi lebih utama dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Adapun perbuatan sunnah yang sebaiknya kita perbanyak di bulan Ramadhan ini adalah;

Sholat Tarawih, Ibadah yang satu ini tidak perlu saya jelaskan lagi kesunnahannya dan keutamaanya, karena sudah menjadi “icon” dilakukan dibulan Ramadhan. Karena malam bulan Ramadhan banyak masjid-masjid penuh sesak karena banyak yang melaksanakan sholat tarawih.

Sedekah, perbuatan ini sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan. Menurut riwayat al-Baihaqi dari Aisyah radhiallahu 'anha, "Jika Rasulullah saw. memasuki bulan Ramadhan, beliau membebaskan setiap tawanan dan memberi setiap orang yang meminta". Selain bersedekah, kita juga dapat memberikan makanan untuk berbuka kepada saudara kita yang tidak mampu yang sedang berpuasa.

Membaca Al-Quran, terutama dibaca dimalam-malam dibulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan dianjurkannya membaca dan mempelajari Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

I’tikaf, yakni berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr.

Bulan Ramadhan merupakan anugerah dari Allah sebagai lambang kasih sayang Allah terhadap hambanya yang begitu besar. Jangan sampai bulan Ramadhan tahun ini kita lewati begitu saja dengan sia-sia, mari kita tingkatkan ibadah dan amalan kita sehingga semakin bertambah dan sempurna dalam pelaksanaanya sehingga kita nantinya akan menjadi pribadi yang diharapkan dalam puasa Ramadhan ini yaitu menjadi orang yang bertaqwa. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 183).

Allahu a'lam.

Silahkan baca juga postingan saya mengenai Hal-hal Yang Dianggap Membatalkan Puasa.





Baca selengkapnya...

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP