Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

24 August 2009

Hal-hal Yang Dianggap Membatalkan Puasa

Alhamdulillah, akhirnya kita berada di dalam bulan suci Ramadhan. Bersukurlah kita dapat menikmati bulan yang penuh berkah dan magfiroh, dimana setiap amalan kita akan dilipat gandakan oleh Allah. Sahabat blogger, bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kita berlomba-lomba untuk meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah, sehingga kita nantinya akan mendapatkan gelar orang yang bertaqwa . Pada postingan saya sebelumnya mengenai Keutamaan Ramadhan dan keutamaan beramal didalamnya, maka kali ini kita perlu juga mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan puasa Ramadhan.

Postingan kali ini akan membahas beberapa permasalahan yang oleh sebagian kita dianggap sebagai pembatal puasa namun sesungguhnya tidak demikian. Keterangan-keterangan yang dibawakan nantinya sebagian besar diambilkan dari kitab Fatawa Ramadhan -cetakan pertama dari penerbit Adhwaa’ As-salaf- yang berisi kumpulan fatwa para ulama seperti Asy-Syaikh Ibnu Baz, Asy-Syaikh Al-‘Utsaimin, Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan, dan lain-lain rahimahumullahu ajma’in.

Hal-hal yang dianggap membatalkan puasa

1.Orang yang melakukan pembatal-pembatal puasa dalam keadaan lupa, dipaksa, dan tidak tahu dari sisi hukumnya, maka tidaklah batal puasanya. Begitu pula orang yang tidak tahu dari sisi waktunya seperti orang yang menjalankan sahur setelah terbit fajar dalam keadaan yakin bahwa waktu fajar belum tiba. Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin setelah menjelaskan tentang pembatal-pembatal puasa, berkata: “Dan pembatal-pembatal ini akan merusak puasa, namun tidak merusaknya kecuali memenuhi tiga syarat: mengetahui hukumnya, ingat (tidak dalam keadaan lupa) dan bermaksud melakukannya (bukan karena terpaksa).” Kemudian beliau membawakan beberapa dalil, di antaranya hadits yang menjelaskan bahwa Allah telah mengabulkan doa yang tersebut dalam firman-Nya: “Ya Allah janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kalau kami salah (karena tidak tahu).” (Al-Baqarah: 286).

Dan yang dimaksud oleh Asy-Syaikh Al-‘Utsaimin adalah apabila orang tersebut benar-benar tidak tahu dan bukan orang yang tidak mau tahu, wallahu a’lam. Sehingga orang yang merasa dirinya teledor atau lalai karena tidak mau bertanya, tentu yang lebih selamat baginya adalah mengganti puasanya atau ditambah dengan membayar kaffarah bagi yang terkena kewajiban tersebut. (Lihat fatwa Asy-Syaikh Ibnu Baz di dalam Fatawa Ramadhan, 2/435)

2. Orang yang muntah bukan karena keinginannya (tidak sengaja) tidaklah batal puasanya. Hal ini sebagaimana tersebut dalam hadits; “Barang siapa yang muntah karena tidak disengaja, maka tidak ada kewajiban bagi dia untuk mengganti puasanya. Dan barang siapa yang muntah dengan sengaja maka wajib baginya untuk mengganti puasanya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya, dishahihkan oleh As-Syaikh Al-Albani di dalam Al-Irwa’ no. 930). Oleh karena itu, orang yang merasa mual ketika dia menjalankan puasa, sebaiknya tidak berusaha memuntahkan apa yang ada dalam perutnya dengan sengaja, karena hal ini akan membatalkan puasanya. Dan jangan pula dia menahan muntahnya karena inipun akan berakibat negatif bagi dirinya. Maka biarkan muntahan itu keluar dengan sendirinya karena hal tersebut tidak membatalkan puasa.

3. Menelan ludah tidaklah membatalkan puasa. Berkata Asy-Syaikh Ibnu Baz :
“Tidak mengapa untuk menelan ludah dan saya tidak melihat adanya perselisihan ulama dalam hal ini, karena hal ini tidak mungkin untuk dihindari dan akan sangat memberatkan. Adapun dahak maka wajib untuk diludahkan apabila telah berada di rongga mulut dan tidak boleh bagi orang yang berpuasa untuk menelannya karena hal itu memungkinkan untuk dilakukan dan tidak sama dengan ludah.”

4. Keluar darah bukan karena keinginannya seperti luka atau karena keinginannya namun dalam jumlah yang sedikit tidaklah membatalkan puasa. Berkata Asy-Syaikh Al-‘Utsaimin dalam beberapa fatwanya:
a. “Keluarnya darah di gigi tidaklah mempengaruhi puasa selama menjaga agar darahnya tidak ditelan…”.
b. “Pengetesan darah tidaklah mengapa bagi orang yang berpuasa yaitu pengambilan darah untuk diperiksa jenis golongan darahnya dan dilakukan karena keinginannya maka tidak apa-apa…”.
c. “Pengambilan darah dalam jumlah yang banyak apabila berakibat dengan akibat yang sama dengan melakukan berbekam, seperti menyebabkan lemahnya badan dan membutuhkan zat makanan, maka hukumnya sama dengan berbekam (yaitu batal puasanya)…” (Fatawa Ramadhan, 2/460-466).

Maka orang yang keluar darahnya akibat luka di giginya baik karena dicabut atau karena terluka giginya tidaklah batal puasanya. Namun dia tidak boleh menelan darah yang keluar itu dengan sengaja. Begitu pula orang yang dikeluarkan sedikit darahnya untuk diperiksa golongan darahnya tidaklah batal puasanya. Kecuali bila darah yang dikeluarkan dalam jumlah yang banyak sehingga membuat badannya lemah, maka hal tersebut membatalkan puasa sebagaimana orang yang berbekam (yaitu mengeluarkan darah dengan cara tertentu dalam rangka pengobatan)

5. Pengobatan yang dilakukan melalui suntik, tidaklah membatalkan puasa, karena obat suntik tidak tergolong makanan atau minuman. Berbeda halnya dengan infus, maka hal itu membatalkan puasa karena dia berfungsi sebagai zat makanan. Begitu pula pengobatan melalui tetes mata atau telinga tidaklah membatalkan puasa kecuali bila dia yakin bahwa obat tersebut mengalir ke kerongkongan. Terdapat perbedaan pendapat apakah mata dan telinga merupakan saluran ke kerongkongan sebagaimana mulut dan hidung, ataukah bukan. Namun wallahu a’lam yang benar adalah bahwa keduanya bukanlah saluran yang akan mengalirkan obat ke kerongkongan. Maka obat yang diteteskan melalui mata atau telinga tidaklah membatalkan puasa. Meskipun bagi yang merasakan masuknya obat ke kerongkongan tidak mengapa baginya untuk mengganti puasanya agar keluar dari perselisihan. (Fatawa Ramadhan, 2/510-511)

6. Mencium dan memeluk istri tidaklah membatalkan puasa apabila tidak sampai keluar air mani meskipun mengakibatkan keluarnya madzi. Rasulullah n bersabda dalam sebuah hadits shahih yang artinya:
“Dahulu Rasulullah mencium (istrinya) dalam keadaan beliau berpuasa dan memeluk (istrinya) dalam keadaan beliau puasa, akan tetapi beliau adalah orang yang paling mampu menahan syahwatnya di antara kalian.” (Lihat takhrijnya dalam kitab Al-Irwa, hadits no. 934)
Akan tetapi bagi orang yang khawatir akan keluarnya mani dan terjatuh pada perbuatan jima’ karena syahwatnya yang kuat, maka yang terbaik baginya adalah menghindari perbuatan tersebut. Karena puasa bukanlah sekedar meninggalkan makan atau minum, tetapi juga meninggalkan syahwatnya.

7. Bagi laki-laki yang sedang berpuasa diperbolehkan untuk keluar rumah dengan memakai wewangian. Namun bila wewangian itu berasal dari suatu asap atau semisalnya, maka tidak boleh untuk menghirupnya atau menghisapnya. Juga diperbolehkan baginya untuk menggosok giginya dengan pasta gigi kalau dibutuhkan. Namun dia harus menjaga agar tidak ada yang tertelan ke dalam tenggorokan, sebagaimana diperbolehkan bagi dirinya untuk berkumur dan memasukkan air ke hidung dengan tidak terlalu kuat agar tidak ada air yang tertelan atau terhisap. Namun seandainya ada yang tertelan atau terhisap dengan tidak sengaja, maka tidak membatalkan puasa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits:
“Bersungguh-sungguhlah dalam istinsyaq (menghirup air ketika berwudhu) kecuali jika engkau sedang berpuasa (maka tidak perlu bersungguh-sungguh).” (HR. Abu Dawud, 1/132, dan At-Tirmidzi, 3/788, An-Nasai, 1/66, dan dishahihkan oleh As-Syaikh Al-Albani t di Al-Irwa, hadits no. 935)

8. Diperbolehkan bagi orang yang berpuasa untuk menyiram kepala dan badannya dengan air untuk mengurangi rasa panas atau haus. Bahkan boleh pula untuk berenang di air dengan selalu menjaga agar tidak ada air yang tertelan ke tenggorokan.

9. Mencicipi masakan tidaklah membatalkan puasa, dengan menjaga jangan sampai ada yang masuk ke kerongkongan. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Abbas dalam sebuah atsar: “Tidak apa-apa bagi seseorang untuk mencicipi cuka dan lainnya yang dia akan membelinya.” (Atsar ini dihasankan As-Syaikh Al-Albani di Al-Irwa no. 937).

Demikian beberapa hal ringkaskan dari penjelasan para ulama. Yang paling penting bagi setiap muslim, adalah meyakini bahwa Rasulullah tentu telah menjelaskan seluruh hukum-hukum yang ada dalam syariat Islam ini. Maka, kita tidak boleh menentukan sesuatu itu membatalkan puasa atau tidak dengan perasaan semata. Bahkan harus mengembalikannya kepada dalil dari Al Qur`an dan As Sunnah dan penjelasan para ulama.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : AsySyariah


Baca selengkapnya...

19 August 2009

Winner Blog Kontes Periode I - Alnect Komputer

Tepat pada 17 Agustus 2009 kemarin, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64, Alnect Komputer mengumumkan para pemenang lomba blog kontes periode I yang telah diselenggarakan sejak 1 Juni sampai dengan 31 July 2009. Alhamdulillah, review blog ini menjadi salah satu pemenang. Walaupun tidak meraih hadiah utama, setidaknya saya bersyukur mendapatkan hadiah dari Alnect Komputer.

Untuk prosedur dan tata cara pengembilan hadiah, Alnect Komputer akan mengirimkan email kepada pemenang atau bisa menghubungi blogcontest@alnect.net

Daftar lengkap para pemenang kontes blog periode I

Untuk mengetahui daftar lengkap para pemenang, silahkan klik link disini.

Bagi Para sahabat blogger yang menang, saya ucapkan selamat, dan bagi yang belum beruntung jangan bersedih, tetap semangat, masih ada kesempatan lain di contest yang akan datang. Siapa tahu pada blog kontes periode yang ke II, anda bisa mengikutinya dan memenangkan hadiahnya :)

Terima kasih Alnect Komputer atas hadiahnya.

Baca selengkapnya...

09 August 2009

Dirpy.com - Mengubah Video Youtube Menjadi File MP3

Bila Sebelumnya saya telah memposting tentang Tubeget.com yang mana dengan website ini kita bisa mendownload video-video dari Youtube.com, maka kali ini postingan saya tentang layanan website yang menarik untuk anda simak. Bila kita ingin mendownload musik-musik favorite kita di internet, biasanya kita searcing di Google atau situs-situs penyedia free download musik MP3 lainnya. Ada satu tips yang bisa anda gunakan selain dari mencari lagu-lagu MP3 dengan cara biasa.

Anda bisa menggunakan layanan situs ini, adalah Dirpy.com, sebuah website yang menawarkan kepada kita untuk mendownload video dari situs Youtube.com menjadi file MP3. Seperti kita ketahui, dalam situs Youtube memang menampilkan video-video atau film. Akan tetapi banyak juga di situs ini yang menampilkan video musik baik itu dari musisi lokal maupun luar negeri.

Dengan layanan situs ini memungkinkan kita untuk mendownload video musik dari Youtube.com menjadi file MP3. Ada banyak sekali video musik yang dapat kita download dan kita ubah menjadi file MP3. Tinggal kita search saja kata kunci dari judul lagu atau artis penyanyinya di situs Youtube.com.

Cara menggunakan layanan situs ini

Untuk menggunakan layanan ini cukup mudah, anda cukup copy alamat URL di situs Youtube.com, kemudian pastekan pada kolom yang tersedia, kemudian klik 'Dirpy'. Anda kemudian akan diarahkan pada halaman mengenai informasi video yang akan anda download. Informasi yang disajikan adalah file name, durasi video, title, album, dan juga terdapat preview dari video yang akan kita download. Pada bagian bawah terdapat tombol download yang kemudian kita klik untuk mendownload video tersebut menjadi file MP3.

Screenshoot website Dirpy.com

Contoh screenshoot lagu D'Masiv dari situs video Youtube.com yang saya downlaod melalui situs dirpy.com. Suara yang dihasilkan MP3-nya bagus dan bening :). Klik untuk memperbesar gambar.

Layanan ini merupakan alternatif baru bagi anda yang suka untuk mendowload musik-musik MP3. Sekarang anda juga bisa mendownload file dari Youtube.com untuk kemudian diubah menjadi file MP3 melalui situs Dirpy.com, It's Free.

Website : http://www.dirpy.com

Baca selengkapnya...

07 August 2009

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Beramal Pada Bulan Ramadhan

Lagi asyik blog walking ketempat blog sahabat blogger, ada artikel menarik dari blog sahabat blogger mengenai Lomba Blog DJ ‘09 yang diadakan oleh http://dijaminmurah.com. Bila sahabat blogger yang lain ingin mengikuti blog ini silahkan langsung saja ke websitenya untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap di http://lomba.dijaminmurah.com.

Dalam postingan saya kali ini dan juga sebagai peserta lomba blog DJ ’09, maka saya akan mengangkat tema tentang Bulan Ramadhan.

Bismillah.

Bulan Ramadhan beberapa hari lagi akan datang menghampiri kita, dan kedatangannya memang di tunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Bersyukurlah kita bila nanti (InsyaAllah) dapat bertemu dengan bulan mulia, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Karena dibulan ini Allah menjanjikan banyak sekali pahala bahkan sampai berlipat ganda. Bagi siapa saja yang melewati bulan Ramadhan secara sia-sia, maka sesungguhnya ia telah merugi. Banyak dari saudara-saudara kita yang mungkin saja tidak bisa bertemu dengan bulan yang mulia tahun ini, karena Allah SWT telah menjemput mereka. Maka manfaatkanlah sebaik-baiknya bulan Ramadhan ini dengan lebih meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang telah disyariatkan yang ditujukan kepada seorang muslim dalam rangka untuk mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah. Hukum puasa sendiri terbagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Adapun puasa di bulan Ramadhan sendiri hukumnya adalah wajib.

Berpuasa di bulan Ramadhan tentunya mempunyai keutamaan, diantaranya adalah;

Bulan diturunkannya Al-Qur;an. Seperti firman Allah yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).” (Al-Baqarah: 185)

Pada bulan ini para setan di belenggu, pintu neraka ditutup, pintu surga dibuka.Rasullullah pernah bersabda yang artinya : “Bila datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah para setan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Seperti firman Allah yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar.” (Al-Qadar: 1-5).

Ramadhan adalah bulan penghapus dosa. Rasullullah pernah bersabda yang artinya : “Shalat lima waktu, dari Jum’at (yang satu) menuju Jum’at berikutnya, (dari) Ramadhan hingga Ramadhan (berikutnya) adalah penghapus dosa di antaranya, apabila ditinggalkan dosa-dosa besar.” (HR. Muslim). Atau pada hadist yang lain Rasullullah bersabda yang artiya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra.).

Bulan Ramadhan selain mempunyai keutamaan, beramal didalamnya pun tentu saja juga mempunyai keutamaan, dan karena beramal soleh didalamnya mempunyai keutamaan, maka semua perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan ini menjadi lebih utama dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Adapun perbuatan sunnah yang sebaiknya kita perbanyak di bulan Ramadhan ini adalah;

Sholat Tarawih, Ibadah yang satu ini tidak perlu saya jelaskan lagi kesunnahannya dan keutamaanya, karena sudah menjadi “icon” dilakukan dibulan Ramadhan. Karena malam bulan Ramadhan banyak masjid-masjid penuh sesak karena banyak yang melaksanakan sholat tarawih.

Sedekah, perbuatan ini sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan. Menurut riwayat al-Baihaqi dari Aisyah radhiallahu 'anha, "Jika Rasulullah saw. memasuki bulan Ramadhan, beliau membebaskan setiap tawanan dan memberi setiap orang yang meminta."

Membaca Al-Quran, terutama dibaca dimalam-malam dibulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan dianjurkannya membaca dan mempelajari Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

I’tikaf, yakni berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr.

Bulan Ramadhan merupakan anugerah dari Allah sebagai lambang kasih sayang Allah terhadap hambanya yang begitu besar. Jangan sampai bulan Ramadhan tahun ini kita lewati begitu saja dengan sia-sia, mari kita tingkatkan ibadah dan amalan kita sehingga semakin bertambah dan sempurna dalam pelaksanaanya sehingga kita nantinya akan menjadi pribadi yang diharapkan dalam puasa Ramadhan ini yaitu menjadi orang yang bertaqwa. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (QS. Al-Baqarah: 183).

Wallohu a’lam.






Baca selengkapnya...

05 August 2009

Ketika Cinta Bertasbih (KCB) 2 Tayang 17 September 2009

Bagi anda yang sudah menonton film Ketika Cinta Bertasbih pasti sudah tidak sabar menunggu kelanjutan cerita cinta antara Furqon dan Anna. Film yang telah sukses ditonton lebih dari 2 juta orang ini siap ditayangkan sekuelnya untuk memenuhi rasa penasaran pencinta film nasional.

KCB 2 dijadwalkan hadir di layar bioskop Tanah Air pada tanggal 17 September 2009 mendatang. Kepastian penayangan film ini disampaikan oleh Dani Sapawie, line produser dari SinemArt Pictures dalam acara Millis KCB Gathering di Depok, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 19 Juli 2009 lalu.

Kini, lewat KCB 2, penonton bakal dipuaskan rasa penasarannya untuk mengetahui kelanjutan kisah hubungan Furqon (Andi Arsyl Rahman Putra) dan Anna Althafunisa (Oki Setiana Dewi). Seperti apa pernikahan yang bakal mereka jalani di tengah kegundahan hati Furqon yang divonis terjangkit virus HIV-Aids?

Bagaimana kelanjutan kehidupam Azzam?


Para bintang KCB

Atau bagaimana kehidupan Azzam (M. Kholidi Asadil Alam) setelah kembali ke Tanah Air? Benarkah Husna (Meyda Sefira) akan lebih dulu naik pelaminan, mengingat Azzam tak jadi meminang Anna karena keduluan sahabatnya, Furqon?

Lantas bagaimana nasib Eliana (Alice Norin), putri duta besar RI untuk Mesir, yang sempat keki lantaran hadiah French Kiss-nya ditolak mentah-mentah oleh Azzam?

Tunggu saja kelanjutan ceritanya di Ketika Cinta Bertasbih 2, 17 September 2009 di bioskop 21 dan XXI.

Sumber : 21cineplex.com

Baca selengkapnya...

02 August 2009

MERAH PUTIH - Film tentang Perang Kemerdekaan

Kebangkitan film nasional benar-benar memberi semangat penggiat film Indonesia untuk terus berproduksi dan meningkatkan kualitas film yang dihasilkan. Lama tak muncul film tentang perang kemerdekaan, bulan Agustus ini akan segera dirilis film yang bertemakan tetang film perjuangan yang berjudul MERAH PUTIH. Kehadiran film ini akan membuat 'rasa' baru dengan film yang ada saat ini yang banyak menyajikan film-film horor maupun komedi.

Film ini dibuat tiga sekuel, yang akan dikeluarkan satu sekuel setiap tahun di bulan Agustus. Sekuel pertama yang rencananya mulai diputar 13 Agustus 2009 mengisahkan sekelompok pemuda yang tergabung dalam laskar perjuangan harus bertarung dengan diri sendiri melupakan perbedaan suku, ras, agama, dan budaya untuk bersatu melawan penjajah.

Film ini dibintangi sederet aktor dan aktris muda, yakni Darius Sinathrya, Teuku Rifnu Wikana, Lukman Sardi, Doni Alamsyah, Zumi Zola, Atiqah Hasiholan, dan Saraswati.

Didukung Kru Perfilman Hollywood (see also trailer)

Film MERAH PUTIH yang menceritakan tentang peperangan merupakan kolaborasi sukses antara bakat perfilman utama di Indonesia dan kampiun efek khusus Hollywood.

MERAH PUTIH dibesut dalam format seluloid 35 millimeter dengan tim internasional yang terdiri atas ahli efek khusus (special effects) dan veteran perfilman Hollywood yakni Koordinator efek khusus dari Inggris, Adam Howarth (SAVING PRIVATE RYAN, BLACKHAWK DOWN), Koordinator pemeran pengganti (stunt) Rocky McDonald (MISSION IMPOSSIBLE II, THE QUIET AMERICAN).

Make-up dan visual effects oleh Rob Trenton (THE DARK KNIGH), Konsultan ahli persenjataan adalah John Bowring (CROCODILE DUNDEE II), THE MATRIX, THE THIN RED LINE, AUSTRALIA, X-MEN ORIGINS: WOLVERINE) dan Asisten Sutradara adalah Mark Knight (DECEMBER BOYS, BEAUTIFUL).





Film ini patut untuk kita tonton, karena selain didalamnya mengandung sejarah perjuangan Indonesia, juga kita ingin menyaksikan hasil karya kolaborasi antara sineas kita dengan sineas dari luar negeri.



Website : http://www.merahputihthefilm.com


Sumber : Kapanlagi.com

Baca selengkapnya...

01 August 2009

Fenomena Blog 'Teroris' BUSHRO

Pasca kejadian bom hotel Marriott dan hotel Ritz Carlton 17 July 2009 yang lalu, ada fenomena menarik khususnya munculnya blog yang mengaku Tanzim Al-Qo'idah Indonesia a.k.a Nurdin M Top yang bertanggung jawab atas peristiwa pengeboman di dua hotel tersebut. Mengapa saya katakan fenomena menarik? berikut analisa saya mengenai blog ini.

Dalam postingan saya kali ini, saya tidak membahas tentang jaringan teroris ini, secara umum saya pribadi juga mengutuk pelaku bom ini, karena telah merengut nyawa orang yang tidak berdosa. Ada yang menarik dengan munculnya blog ini. Blog yang beralamatkan di http://mediaislam-bushro.blogspot.com ini beda dengan blog-blog lain pada umumnya. Saya katakan beda, tentu saja dari postingannya saja beda, akan tetapi ada beberapa hal yang menarik untuk dicermati.

Fakta menarik tentang blog BUSHRO

Pertama adalah postingan blog tertanggal 26 July 2009 ini, selain mengejutkan banyak khalayak ramai, blog ini juga sampai ditayangkan di media elektronik perihal isi postingannya.

Kedua, untuk ukuran blog pemula, blog ini begitu sangat terkenal, ini dibuktikan dengan begitu banyaknya yang mengunjugi blog ini dengan memberikan komentar postingan blog ini, belum lagi pengunjung yang hanya berkunjung saja, tanpa memberikan komentarnya tentu lebih banyak lagi. Data terakhir yang tercatat (per tanggal 1 Agustus 09 pukul 13:35 WITA) adalah 2435 komentar (dan terus bertambah) untuk satu postingan dalam kurun waktu 6 hari. WOW!... rekor komentar yang cukup banyak sepengetahuan saya selama saya nge-blog.

Ketiga, kalau kita perhatikan, blog ini juga memiliki pengikut (follow) yang lumayan banyak, terakhir (per tanggal 1 Agust 09) tercatat 223 pengikut (dan terus bertambah). Hmm... saya berfikir, kalau ini memang blog teroris, mengapa kok masih ada yang mengikuti (follow) yaa...? bukankah itu sama saja dengan mendukung teroris?

Keempat, kalau kita mengklik profile blog ini, database blogger mencatat (per tanggal 1 Agustus 09 pukul 13:37 WITA) , diperkirakan 43000 kali (dan terus bertambah) profile ini dilihat atau diklik.

Kelima, mengenai komentar pada blog ini, ternyata sangat bervariasi mulai dari mencaci maki dengan kata-kata kasar, menghujat dan mengutuk atas kejadian bom di kedua hotel tersebut, komentar yang hanya numpang tenar saja bahkan ada komentar yang bersifat promosi (mungkin karena banyak yang berkunjung di blog ini, maka dijadikan ajang promosi).

Keenam, kalau kita klik profile komentar, rata-rata meraka baru saja membuat blog, dikarenakan meraka harus mendaftar terlebih dahulu di Google untuk dapat memposting sebuah komentar. Juga bila kita mengklik profile komentar banyak juga profilenya tidak ada a.k.a profile not available.

Itulah sedikit hasil analisa saya mengenai blog BUSHRO yang mengaku bertanggung jawab atas bom di hotel Marriott dan hotel Ritz Carlton. Untuk blog seukuran pemula yang baru berumur semiggu (26 July 09 s/d 1 Agust 09) dengan data-data ribuan pengunjung dan ribuan komentar (dan terus bertambah), blog ini memang Fenomenal.

Bagi sahabat-sahabat blogger yang mempunyai analisa lain, silahkan berikan komentarnya.

Baca selengkapnya...

PHPanywhere.net - Coding Editing Kapanpun Dimanapun

Satu lagi info menarik bagi anda, khususnya bagi anda seorang programer atau sering bekerja dengan scrip / kode khususnya script PHP. Bila sebelumnya anda melakukan editing scrip PHP anda pada komputer anda, sekarang ada cara yang lebih praktis, yang mana anda dapat mengedit scrip PHP anda secara online dimana saja.

Adalah PHPanywhere.net, sebuah layanan online yang memungkinkan bagi anda untuk mengedit script / kode bahasa pemograman PHP anda secara online. Pada website ini terdapat layanan editing code editor yang cocok untuk semua format website. Dikarenakan layanan ini online, maka anda melakukan editing scrip anda langsung pada browser anda, tidak perlu menginstall lagi.

Coding on the go

Screenshoot PHP editor (klik untuk memperbesar)

Yang menarik dalam layanan website ini adalah, kita dapat mengerjakan project code editing kita dimana saja, asalkan ada koneksi internet dan browser, anda bisa langsung mengedit scrip/code PHP anda.

Jadi, bila anda tertarik untuk mengedit scrip PHP anda dimana saja dan kapanpun, mungkin anda layak untuk mengunjugi website ini.

Untuk mendaftar dan mempelajari lebih lanjut tentang website ini, langsung saja ke websitenya http://phpanywhere.net

Baca selengkapnya...

Tubeget.info - Download Video Youtube

Umumnya bila kita ingin menyaksikan video-video online, kita akan mengunjungi website penyedia video online yaitu Youtube. Dan bila anda menemukan video favorite anda, tentunya anda ingin menyimpanya dan menyaksikannya kemudian. Nah dengan website berikut, sekarang anda bisa mendownload video-video dari website Youtube.

Adalah Tubeget.info, sebuah website yang memungkinkan bagi anda untuk mendowload video-video dari Youtube.com. Dengan menggunakan layanan website ini anda dapat mendownload video-video favorite anda dengan mudah dan cepat.

Cara menggunakan layanan ini

Screenshoot

Untuk menggunakan layanan ini cukup mudah, cukup masukkan alamat ID URL video dari Youtube, kemudian pilih format video yang anda inginkan.

ID URL disini adalah, contoh: bila alamat url videonya adalah http://www.youtube.com/watch?v=EWMLMc3ES3I, maka ID-nya adalah EWMLMc3ES3I -->> inilah yang anda masukkan pada kolom video id.

Terdapat beberapa pilihan format video yang dapat anda pilih yaitu FLV, MP4 dan 3GP. Kemudian klik tombol 'Download Video'.

Layanan ini sangat mudah untuk digunakan, jadi bila anda ingin mencoba mendownload video-video dari Youtube.com, silahkan saja langsung ke website ini.

Website http://www.tubeget.info

Baca selengkapnya...

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP