Feedback Form
Azwar weBlog versi Dynamic View (chose your like):

Flipcard | Mosaic | Magazine | Sidebar | Snapshot | Timeslide

Azwar weBlog

30 March 2009

Sejarah April Mop (April Fools Day)

Tanggal 1 April dikenal sebagai April Fools Day yang di Indonesia akrab sebagai April Mop. Bagaimana sejarahnya?

April Mop, dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap teman dan tetangga, dengan tujuan mempermalukan mereka-mereka yang mudah ditipu. Di beberapa negara, lelucon hanya boleh dilakukan sebelum siang hari. Hari ini juga banyak diperingati di internet.

Jika anda dengar teriakan ini pada tanggal 1 April, berarti ada satu orang lagi tertipu! Pada hari ini orang percaya bahwa sah-sah saja membohongi orang lain. Misalnya menelpon orang untuk datang kerja padahal itu hari liburnya atau menukar isi tempat gula dengan garam atau memajukan jam seseorang sehingga ia hadir di suatu acara lebih awal dan masih banyak lelucon klasik lainnya.

Media massa juga sering ikut memainkan lelucon pada hari yang oleh beberapa kalangan dianggap wajib untuk berbohong. Menurut snopes2.com, Lelucon sukses berhasil disebarkan sebuah stasiun radio di Canada, yang menyiarkan bahwa the Royal Canadian Mint, mencetak koin dua dolaran yang terbuat dari emas murni. Hebohlah pendengar mencarinya dalam kumpulan receh mereka. Sampai tangan pegel juga ngga bakal ketemu.

Salah satu kelakar yang sukses disiarkan media adalah yang pernah dilansir Panorama, acara TV BBC Inggris di tahun 1957. Penyiarnya mengatakan musim semi datang lebih awal tahun ini, dengan demikian panen spaghetti atau mi Itali itupun siap lebih awal. Laporan ini disertai video yang menggambarkan wanita petani yang sedang memanen spaghetti dari pohon. Tak lama setelah ditayangkan, BBC kebanjiran telepon yang menanyakan di mana persisnya acara panen itu dan dimana mereka bisa membeli pohon spaghetti! Heh…what next? Pohon nasi goreng?

Hari April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke 16 di Perancis,. Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.

Teori lain yang dimuat The Washington Post mengatakan tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno, saat orang merayakan festival Ceres awal April. Ceres adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini, diduga menyebar dari Perancis, ke Inggris dan Skotlandia, lalu ke Amerika waktu terjadi emigrasi orang Eropa ke sana.

Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Oke2 aja kalau anda menempel tulisan “Kick Me” pada bokong teman anda.

Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

Ada sebuah kesimpulan mengenai hari penuh lelucon ini, mengutip penulis terkenal Mark Twain :The first day of April is the day we remember what we are the other 364 days of the year.

Sekarang tinggal pilih anda mau jadi orang yang ngibulin atau dikibulin?

Sumber :
wikipedia.org dan berbagai sumber. Images : Google images

Baca selengkapnya...

26 March 2009

EARTH HOUR - Padamkan Lampu Anda Satu Jam Untuk Bumi

Earth Hour adalah sebuah acara internasional tahunan yang diadakan oleh WWF (World Wide Fond for Nature/World wildlife Fund), diselenggarakan setiap Sabtu terakhir bulan Maret, yang meminta rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu yang tidak diperlukan dan peralatan listrik selama satu jam untuk memunculkan kesadaran atas butuhnya tindakan menghadapi perubahan iklim. Dirintis oleh WWF Australia dan Sydney Morning Herald tahun 2007, dan memperoleh partisipasi dunia tahun 2008.

Earth Hour berikutnya akan dilakukan pada hari Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 8:30 malam, waktu lokal.

Dengan 35 kota di seluruh dunia berpartisipasi sebagai kota peserta resmi dan lebih dari 400 kota yang juga mendukung, Earth Hour 2008 adalah kesuksesan besar, dirayakan di ketujuh benua. Markah tanah terkenal di seluruh dunia memadamkan lampu mereka untuk Earth Hour yang juga termasuk Empire State Building (New York City), Sears Tower (Chicago), Golden Gate Bridge (San Francisco), Bank of America Plaza (Atlanta), Sydney Opera House (Sydney, Australia), Wat Arun Buddhist Temple (Bangkok, Thailand), Colosseum (Rome, Italia), Royal Castle (Stockholm, Swedia), London's City Hall (Inggris, Britania Raya), Space Needle (Seattle), dan CN Tower (Toronto, Kanada).

Situs web resmi untuk acara ini, earthhour.org, menerima sekitar 6.7 juta pengunjung unik dalam minggu-minggu menjelang Earth Hour. Situs web lain juga mengambil bagian dalam acara ini, dengan halaman utama Google menjadi "gelap" pada hari ketika Earth Hour dilakukan.

Menurut survei online Zogby International, 36 juta orang berpartisipasi dalam Earth Hour 2008, dengan perkiraan 50 juta orang melakukan hal yang sama di seluruh dunia. Survei ini juga memperlihatkan peningkatan 4 persen dalam kesadaran terhadap masalah lingkungan seperti perubahan iklim, langsung setelah acara ini.

Acara ini diartikan sebagai tokenisme, dan difokuskan pada pengurangan emisi karbon, sementara pengurangan konsumsi listrik terjadi secara keseluruhan, dan peliputan yang diragukan oleh konglomerat media yang mensponsorinya. Perlu diketahui bahwa Earth Hour sangat mirip dengan Earth Day Energy Fast, yang sejak 1991 hingga 2007 merencanakan tidak menggunakan energi buatan setiap Earth Day. Earth Day Energy Fast ditutup tahun 2008 sejak pendiri kampanye menyatakan "sudah terlambat" agar kampanye ini memperoleh dampak yang berarti.

Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Perubahan Iklim di Bali menjadikannya jelas bahwa penandatangan Protokol Kyoto menyetujui bahwa pengurangan emisi gas rumah kaca mulai 25 hingga 40% dapat dilakukan pada 2020 untuk mengurangi dampak pemanasan global yang mengakibatkan peningkatan permukaan laut dan masalah lainnya. Dalam konteks tersebut Earth Hour berada di tokenisme terburuk atau pada titik terbaiknya menyadarkan kembali orang-orang untuk maju ke tahap berikutnya seperti beralih ke tenaga hijau dari sumber seperti tenaga angin, tenaga surya, atau tenaga nuklir, dan tidak menggunakan listrik yang diproduksi melalui pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, gas alam dan minyak bumi.

Earth Hour 2009 diadakan pukul 8:30-9:30 malam tanggal 28 Maret 2009. Saat ini, 82 negara dan 2100 kota 'bergabung dengan Earth Hour 2009', sebuah peningkatan drastis dari orang-orang yang berpartisipasi di 35 negara untuk Earth Hour 2008.1 milyar 'suara' adalah tujuan utama untuk Earth Hour 2009, dalam konteks menjelang Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2009.

Anda cukup menonaktifkan lampu selama satu jam, dan bergabung dengan dunia untuk Jam Bumi.

Sabtu, 28 Maret, 8:30-9:30.

Sumber : earthhour.org dan wikipedia.org


Baca selengkapnya...

13 March 2009

Viewista.com - Menampilkan Banyak Halaman Web Dalam Satu Halaman

Bila anda hobby berinternet dan sering berkunjung ke banyak website, biasanya kita menggunakan tab-tab pada browser untuk membuka halaman sebuah website. Saat ini browser-browser yang telah tersedia layanan tab sehingga memudahkan kita untuk membuka banyak halaman website hanya dengan satu jendela browser dan yang paling banyak digunakan adalah Mozilla Firefox yang merupakan browser terbaik saat ini.

Nah, ada aleternatif lain bagi anda yang sering berkunjung ke banyak halaman website. Adalah Viewista.com sebuah website yang memungkinkan bagi anda berkunjung ke banyak halaman website hanya dengan satu halaman website.

Screenshoot halaman website google, yahoo, facebook dan friendster dengan tampilan two column

Anda hanya cukup mengetik alamat URL yang ingin anda kunjungi (Maksimal 10 alamat URL), kemudian ketik tombol (silahkan pilih) slide show, vertikal, two column, atau horisontal. Tombol ini untuk menampilkan halaman website sesuai pilihan tombol tersebut.

Kita bahkan dapat menamakan beberapa alamat URL yang telah kita ketikkan tadi menjadi sebuah group. Jadi kita tinggal mengklik group tersebut, maka akan tampil beberapa halaman URL sesuai yang kita ketikkan tadi.

Jadi, bagi anda yang ingin menghemat waktu untuk mengunjungi banyak website, mungkin website ini bisa menjadi pilihan anda.

Baca selengkapnya...

11 March 2009

Text2PDF.co.cc - Cara Mudah dan Cepat Membuat File PDF

Bila anda ingin mengubah file atau text anda ke file PDF dengan cepat, maka anda mungkin perlu mencoba website ini. Karena website ini cukup mudah untuk mengubah sebuah text menjadi sebuah file PDF.

Adalah Text2PDF sebuah webiste yang memungkinkan bagi kita untuk mengubah text menjadi file PDF. Caranya cukup mudah, cukup ketikkan text atau paste kan file kedalam kolom yang tersedia, kemudian setelah itu klik tombol 'Download'. Maka kita akan mendapatkan text tersebut telah menjadi file PDF.

Yang menurut saya masih ada kekurangan dari layanan website ini adalah kita hanya dapat mengisi text saja, jadi kita tidak dapat memasukan jenis data yang lain selain text pada kolom yang ada.

Akan tetapi secara keseluruhan website ini sangat membantu bagi anda yang ingin dengan cepat membuat file PDF.

Baca selengkapnya...

06 March 2009

Selamat Datang Didunia Blog, Bapak JK

Satu lagi orang penting dari negri ini membuat blog pribadi, ya beliau adalah orang nomor dua di republik ini alias Bapak Jusuf Kalla. Beliau merupakan orang pemerintahan yang kesekian kali yang membuat blog. Alamat blog beliau adalah http://jusufkalla.kompasiana.com. Silahkan simak postingan perdana beliau Disini

Dalam postingan pertamanya beliau mengungkapkan bahwa beliau sebagai seorang pemimpin ingin lebih dekat dengan masyarakat, maka atas dasar itulah beliau membuat blog sehingga dapat berinteraksi dengan masyarakat tanpa harus melalui protokoler yang kadang menyusahkan.

Dalam postingan ini pula beliau juga menerima segala masukan, pemikiran dan kritik tentunya yang membangun khususnya untuk bangsa ini, karena kepentingan bangsa merupakan hal yang utama.


Ok, selamat bergabung di dunia blog bapak JK, semoga kehadiran bapak di dunia maya bisa menjadi warna baru dalam dunia blog khususnya di negri ini.

Selamat bergabung didunia maya dan menjadi komunitas pengguna blog. Kami tunggu postingnya, Bapak JK.

Baca selengkapnya...

04 March 2009

Nn.nf - Memperpendek Alamat URL Yang Panjang

Bila anda menginginkan alamat URL website atau blog anda menjadi pendek dan mudah diingat oleh pengunjung, maka anda bisa mengunjungi website ini.

Adalah Nn.nf sebuah website yang menawarkan layanan untuk memperpendek URL yang panjang. Seperti kita ketahui, bagi yang mempunyai blog (blogger) alamat URL standar cukup panjang (namablog.blogspot.com). Nah, untuk memperpendek URL yang panjang tadi solusinya adalah dengan menggunakan layanan website ini.

Untuk menggunakan layanan website ini sangat mudah. Cukup ketikkan alamat URL anda pada kolom, kemudian klik tombol "Shorten this URL". Maka anda akan mendapatkan alamat URL yang baru. Dengan URL ini anda bisa gunakan sebagai alamat URL anda yang baru yang lebih singkat/pendek

Misal alamat URL Azwar weBlog : http://azwaramril.blogspot.com menjadi http://nn.nf/2280.

Bila anda ingin memperpendek dan memudahkan anda untuk mengingat alamat URL yang panjang, maka anda website ini bisa menjadi alternatif.

Baca selengkapnya...

Facebook Follower

Terima Kasih

Blogger
The Professional Template Designed by Ourblogtemplates.com
Banner Header Image by Ebsoft
E-mail me at:
azwaramril@gmail.com
Azwar Amril - Find me on Bloggers.com
Thank you for visiting my weBlog, See u soon
Copyright © 2005-2013 Azwar weBlog

Pesan Anda


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP